Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kenali Jerawat Mendem dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 06/09/2022, 15:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Jerawat terkadang bisa sangat mengganggu penampilan kita. Apalagi jika jerawat itu susah dihilangkan. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui jenis-jenisnya agar mendapat penanganan yang tepat.

Salah satu jenis jerawat yang cukup menyiksa adalah nodul (jerawat mendem). Jerawat ini berbeda dengan jerawat ringan karena letaknya yang dalam.

Bahkan, dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Cara Mengatasi Jerawat Mendem”, dikatakan bahwa kita tak boleh sembarangan memencet jerawat nodul karena bisa berdampak fatal. Tak hanya itu, produk perawatan yang dijual bebas pun terkadang tak mampu mengatasinya.

Apa Itu Jerawat Mendem (Nodul)?

Jerawat mendem dikategorikan sebagai jerawat inflamasi yang tergolong cukup serius. Ini terjadi karena jerawat jenis ini menyebabkan benjolan keras atau simpul (nodul) yang terletak jauh di bawah kulit.

Baca juga: Lakukan 8 Hal Ini Saat Alami Nyeri Menstruasi

Biasanya, benjolan keras yang diiringi kemerahan di sekitarnya mulai terlihat ketika peradangan berlangsung. Jerawat ini disebabkan oleh bakteri cutibacterium acnes yang terperangkap di bawah kulit sehingga menyebabkan infeksi dan peradangan.

Jerawat ini memang disebabkan oleh bakteri. Namun, bakteri itu bisa berkembang karena adanya pemicu, yaitu pori-pori yang tersumbat sel kulit mati atau minyak. Itu sebabnya, kita harus rutin membersihkan wajah sebanyak dua kali dalam sehari.

Benjolan ini tidak memiliki whitehead atau blackhead layaknya pustula. Itu sebabnya, jerawat mendem bisa terasa sangat nyeri jika dipegang. Bahkan ia bisa bertengger lama di wajah kita hingga berbulan-bulan.

Jerawat mendem juga bisa muncul bersamaan dengan jenis lainnya, seperti jerawat kista. Oleh sebab itu, diperlukan penanganan yang tepat untuk menyembuhkannya.

Mengatasi Jerawat Mendem (Nodul)

Jerawat mendem membutuhkan perawatan dari dokter kulit. Produk perawatan kulit yang dijual bebas tidak efektif untuk mengobati jerawat jenis ini. Nantinya, dokter akan meresepkan produk perawatan kulit khusus yang sesuai dengan keparahannya.

Selain itu, ada pula obat oles yang memiliki kandungan benzoil peroksida, asam salisilat, dan retinoid. Tak hanya obat luar, dokter juga akan meresepkan obat minum, seperti antibiotik dan pil KB untuk mengurangi peradangannya.

Jika perlu, dokter juga bisa menyuntikkan kortison untuk mengecilkan nodul jerawat yang sangat besar, menyakitkan, dan sudah bertengger lama di wajah.

Baca juga: 9 Manfaat Stres yang Perlu Diketahui

Itu sebabnya, apabila memiliki jerawat jenis ini, jangan sekali-kali mencoba untuk memencetnya. Hal ini justru bisa memperburuk kondisi jerawat dan menyebabkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Dijelaskan pula dalam siniar Semua Bisa Cantik kita bisa mengompres jerawat dengan es batu yang dibungkus kain lembut untuk mengurangi pembengkakan.

Selain pergi ke dokter, kita juga perlu mengubah gaya hidup agar mengurangi potensi munculnya jerawat mendem. Misalnya, rutin berolahraga dan membersihkan wajah, juga mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula.

Dengarkan informasi kecantikan dan kesehatan lainnya hanya melalui siniar Semua Bisa Cantik di Spotify. Di sana, ada banyak tips-tips menarik dan inspiratif yang bisa meningkatkan kepercayaan dirimu!

Ikuti siniarnya agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya. Akses sekarang juga episode ini melalui tautan https://dik.si/sbcpodcast.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com