Kompas.com - 06/09/2022, 19:34 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika memelihara kucing, tentu kita tahu bahwa hewan berbulu ini bisa sangat aktif di malam hari. Bahkan, kucing bisa berlarian ke sana kemari di tempat gelap tanpa menabrak pintu atau tembok.

Nah melihat keaktifannya itu, mungkin kita akan berpikir bahwa kucing dapat melihat dalam gelap. Namun, benarkah?

Dilansir dari Livescience, rupanya hal itu sulit dijawab.

Sebab menurut spesialis oftalmologi hewan klinis di University of Florida College of Veterinary Medicine Caryn Plummer, sebenarnya baik kucing maupun manusia, keduanya dapat melihat saat berada dalam kondisi minim cahaya.

Kucing bisa melihat dalam gelap?

Namun jika dibandingkan dengan manusia, kucing jauh lebih baik dalam mempersepsikan bentuk suatu objek dalam kondisi minim cahaya, yang disebabkan karena mata kucing berevolusi.

"Kucing dapat melihat dalam gelap karena struktur matanya, terutama retina, yang membuatnya memiliki pengelihatan lebih baik dibanding manusia saat ada dalam kondisi minim cahaya,” ujar Plummer.

Ia menambahkan, kucing juga memiliki persentase dan konsentrasi rod photoreceptor (sel batang) yang lebih tinggi dari manusia.

Artinya, kucing memiliki kepekaan yang lebih baik terhadap cahaya, dan dapat melihat lebih banyak dalam tingkat pencahayaan yang rendah.

Hal senada pun diungkapkan oleh badan amal Cats Protection.

Organisasi ini berpendapat bahwa tingginya rod photoreceptor itu membuat kucing dapat melihat enam hingga delapan kali lebih baik daripada manusia saat gelap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.