Kompas.com - 07/09/2022, 07:23 WIB

KOMPAS.com - Seperti halnya dengan banyak skincare, tabir surya atau sunscreen juga saat ini memiliki banyak produk yang dijual di pasaran.

Mulai dari yang organik dan vegan, hingga lotion dan semprotan, semua memiliki informasi yang berbeda-beda yang mungkin membuat kita kebingungan dalam memilih.

Namun, pada akhirnya, kita tetap harus menentukan tujuan pembelian sunscreen, yakni untuk mencegah kanker kulit dan kerusakan akibat sinar matahari.

Sering kali, keputusan ini bermuara pada pilihan untuk memakai sunscreen mineral atau kimia.

Baca juga: Urutan Pemakaian Sunscreen yang Tepat agar Kulit Lebih Terlindungi

Meskipun keduanya dapat membantu melindungi kulit kita dari sinar UV yang merusak, perbedaannya terletak pada bahan, fungsi, dan caranya dalam melindungi kulit.

"Ketika memilih sunscreen, saya selalu mengatakan kepada pasien saya bahwa sunscreen terbaik adalah yang dipakai secara teratur."

Demikian kata seorang dokter spesialis kulit dan profesor klinis dermatologi di University at Buffalo, Dr Jason Rizzo, MD, PhD.

Menurut dia, sunscreen harus berspektrum luas, tahan air, dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.

Di luar itu, sebagian besar tergantung pada preferensi dan kebutuhan pribadi kita masing-masing.

Baca juga: Mengapa Kita Harus Menggunakan Sunscreen?

"Saya mendorong pasien untuk bereksperimen dengan berbagai merek dan formulasi untuk menemukan produk yang terasa dan terlihat paling baik di kulit mereka, karena ini akan mendorong kepatuhan dengan penggunaan rutin," sebut dia.

Nah, untuk membantu memastikan kita memakai sunscreen terbaik untuk kesehatan, para ahli pun menjelaskan bagaimana cara kerja sunscreen mineral dan apa yang membuatnya berbeda dari yang lain.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.