Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2022, 07:33 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Selama ini bawang putih lebih dikenal sebagai bahan masakan yang membuat setiap makanan terasa lebih harum dan menggugah selera.

Namun, siapa sangka, ternyata bawang putih juga memiliki manfaat yang lebih dalam terkait dengan kesehatan rambut, khususnya untuk pertumbuhan rambut.

Menurut Leyla Milani dari perusahaan vitamin HAIRtamin, bawang putih adalah antioksidan kuat yang telah digunakan selama berabad-abad sebagai makanan dan obat-obatan.

Faktanya, bawang putih sering disebut sebagai antibiotik alami, yang mengandung senyawa allicin untuk memerangi virus dan bakteri berbahaya.

Baca juga: 5 Fakta Bawang Putih sebagai Obat Sakit Gigi, Aman untuk Ibu Hamil

Manfaatnya bawang putih untuk rambut

Ilustrasi bawang putih. Unsplash/Daniella Curly Ilustrasi bawang putih.
Sebagaimana dikutip dari laman Byrdie, bawang putih tidak hanya bahan yang bagus untuk tubuh kita secara internal, tetapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan kulit kepala dan rambut yang fantastis.

Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang baik untuk kulit kepala dan kaya akan nutrisi seperti kalsium, seng, serta selenium, yang merupakan mineral untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Selain itu, bawang putih memiliki beberapa sifat lainnya yang dapat berkontribusi mendorong kesehatan rambut sebagai berikut:

Antimikroba: Komponen bawang putih telah terbukti memiliki sifat antivirus dan antijamur, sehingga bermanfaat untuk infeksi virus atau jamur pada kulit kepala.

• Meminimalkan ketombe dan merangsang pertumbuhan rambut: Menerapkan bubuk bawang putih ke kulit kepala dapat meningkatkan perfusi kulit (atau sirkulasi darah di kulit kepala).

Hasil ini dapat menunjukkan bahwa peningkatan aliran darah di kulit kepala dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan rambut.

Baca juga: Memaksimalkan Manfaat Bawang Putih

• Kaya akan sulfur: Sulfur merupakan unsur yang diperlukan dalam produksi keratin. Keratin sendiri adalah protein yang membentuk 90 persen serat rambut.

• Pemblokir DHT alami: DHT diyakini sebagai penyebab kerontokan rambut androgenik atau kerontokan rambut genetik.

• Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari: Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa antioksidan dalam bawang putih mungkin memiliki kemampuan melindungi terhadap kerusakan ultraviolet.

• Efektif melawan kerontokan rambut: Studi lain menemukan bahwa mengoleskan bawang putih secara topikal ke rambut dua kali sehari selama tiga bulan dapat membantu mengurangi risiko rambut rontok yang terkait dengan alopecia.

Baca juga: 7 Khasiat Bawang Putih untuk Tulang, Jantung, hingga Umur Panjang

Halaman:
Sumber Byrdie


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com