Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PINTU Incubator Kenalkan Kurasi 7 Brand Lokal di JF3 2022

Kompas.com - 07/09/2022, 19:57 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tujuh brand lokal yang telah dikurasi oleh PINTU Incubator tampil di gelaran JF3 Fashion Festival 2022 di Summarecon Mall, Kelapa Gading, Jakarta.

PINTU Incubator sendiri merupakan sebuah program kolaborasi yang dirancang bagi para kreatif muda Indonesia di bidang fashion.

Kurasi tahap pertama sebelumnya telah dilakukan pada April 2022 lalu dan berhasil terpilih 7 brand fesyen.

Ketujuh brand tersebut antara lain Maria Adiputri, Oemah Etnik, Nona Rona, Tailor Moon, Rizkiya Batik, Tepa Selira, dan WGB. 

PINTU Incubator merupakan salah satu upaya kami dalam mendukung keberlanjutan industri ini dengan mendorong munculnya talenta-talenta baru," ujar Chairman JF3, Soegianto Nagaria.

Program kolaborasi tersebut merupakan inisiasi dari JF3, LAKON Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis melalui Institut Francais d'Indonesie ( IFI).

Baca juga: PINTU Incubator Dukung Kemajuan Brand Lokal di Industri Mode Indonesia 

Perjalanan panjang peserta PINTU Incubator

Brand lokal tampil di PINTU Incubator di gelaran JF3 Fashion Festival 2022Dok. JF3 Fashion Festival Brand lokal tampil di PINTU Incubator di gelaran JF3 Fashion Festival 2022

Perjalanan panjang para peserta dalam program ini telah dimulai sejak dibukanya pendaftaran PINTU Incubator 1.0 pada bulan April 2022, yang disambut antusias oleh ratusan kreatif muda.

Dari proses kurasi tahap pertama, kemudian terpilih peserta yang diikutsertakan dalam berbagai sesi pembelajaran, bimbingan, sharing insight dan berbagi pengalaman dalam menjalankan bisnis oleh mentor yang terdiri dari pengajar serta praktisi dari brand fesyen lokal dan internasional kenamaan.

Seperti H&M Indonesia, UNIQLO Indonesia, LAKON Indonesia, konsultan marketing LeBoYe & Dia.Lo.Gue, pakar HAKI Phoa Bing Hauw Center Patent, Lembaga Pendidikan dan Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo.

Selain itu, para partisipan juga mendapatkan ilmu finansial dari BTPN, Pradita University hingga desainer Perancis Louise Lyngh Bjerregaard.

Setelah memperoleh kesempatan tersebut, seluruh partisipan mengikuti kurasi kedua yang memilih 7 brand untuk memasuki tahapan berikutnya.

Ketujuh brand tersebut kemudian diberi kesempatan untuk tampil mempresentasikan 12 karya terbaiknya di runaway JF3 Fashion Festival pada 3 September 2022.

Momen tersebut juga sekaligus merupakan tahapan kurasi akhir untuk memilih brand lokal yang akan mendapatkan berbagai peluang pengembangan usaha fesyennya.

Kurasi dilakukan 5 kurator dari latar belakang profesi yang berbeda, namun sangat relevan dalam industri fesyen, seperti Thresia Mareta selaku Founder of LAKON Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com