Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memasak dengan Minyak Zaitun, Apa Manfaat Kesehatannya?

Kompas.com - 08/09/2022, 14:05 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Minyak zaitun begitu populer karena manfaat untuk kesehatannya, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Minyak ini juga menjadi salah satu pilihan makanan yang kaya akan lemak sehat, serta mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol.

Jika kita ingin menjadi lebih sehat tanpa mengorbankan lemak sehat dalam diet, cobalah menggunakan minyak zaitun ke dalam masakan sehari-hari dengan segudang manfaat sebagai berikut.

Manfaat minyak zaitun dalam masakan

1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Minyak zaitun memiliki beberapa manfaat utama untuk kesehatan jantung.

Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, individu yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari memangkas risiko penyakit jantung koroner sebesar 21 persen dan risiko semua jenis penyakit jantung sebesar 15 persen.

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Neurology juga menemukan bahwa di antara sekelompok 7.625 orang berusia 65 atau lebih tua yang secara teratur mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke 41 persen lebih rendah.

Baca juga: Masak Pakai Minyak Zaitun Turunkan Risiko Penyakit Jantung

2. Menurunkan tekanan darah 

Sekitar 45 persen populasi orang dewasa AS memiliki tekanan darah tinggi, suatu kondisi yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Tetapi, menambahkan sedikit minyak zaitun ke dalam diet dapat membantu mencegahnya.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa di antara sekelompok 50 peserta studi orang dewasa, mereka yang mengonsumsi sekitar 4 sendok makan minyak zaitun extra virgin polifenol tinggi per hari secara signifikan mengurangi tekanan darah sistolik perifer dan pusat mereka.

3. Mengurangi peradangan

Jika kita mengalami peradangan, baik itu nyeri sendi atau peradangan arteri akibat plak, konsumsi minyak zaitun dapat bermanfaat.

Sebuah tinjauan tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Endocrine, Metabolic & Immune Disorders - Drug Targets menemukan bahwa konsumsi minyak zaitun extra virgin mengurangi biomarker inflamasi yang terkait dengan aterosklerosis.

Aterosklerosis sendiri diketahui sebagai pengerasan arteri akibat penumpukan plak. 

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nature menemukan bahwa minyak zaitun extra virgin memiliki sifat antiinflamasi yang mirip dengan ibuprofen berkat kekayaan oleocanthal, atau senyawa fenolik.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Tekanan Darah

4. Kecemasan bisa berkurang

Individu yang berjuang dengan kecemasan mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak minyak zaitun ke dalam menu makan harian mereka. 

Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa di antara sekelompok orang dewasa dengan obesitas parah yang mengonsumsi minyak zaitun selama periode 12 minggu secara signifikan mengurangi kecemasan dan depresi.

5. Mengalami peningkatan fungsi kognitif

Ingin menjaga otak tetap tajam seiring bertambahnya usia? Sedikit minyak zaitun dalam diet bisa menjadi kuncinya. 

Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine menemukan bahwa di antara sekelompok orang dewasa yang sehat dengan usia rata-rata 66,9 tahun yang mengonsumsi minyak zaitun extra virgin lebih cenderung menunjukkan peningkatan kognisi.

Peningkatan kognisi ini termasuk memori dan kognisi global, serta meningkatkan kekuatan otak di usia lanjut.

Baca juga: Selain Melembapkan Kulit, Minyak Zaitun Punya Banyak Manfaat Lho

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Eat This

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com