Kompas.com - 08/09/2022, 14:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Minyak zaitun begitu populer karena manfaat untuk kesehatannya, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Minyak ini juga menjadi salah satu pilihan makanan yang kaya akan lemak sehat, serta mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol.

Jika kita ingin menjadi lebih sehat tanpa mengorbankan lemak sehat dalam diet, cobalah menggunakan minyak zaitun ke dalam masakan sehari-hari dengan segudang manfaat sebagai berikut.

Manfaat minyak zaitun dalam masakan

1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Minyak zaitun memiliki beberapa manfaat utama untuk kesehatan jantung.

Menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation, individu yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari memangkas risiko penyakit jantung koroner sebesar 21 persen dan risiko semua jenis penyakit jantung sebesar 15 persen.

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Neurology juga menemukan bahwa di antara sekelompok 7.625 orang berusia 65 atau lebih tua yang secara teratur mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke 41 persen lebih rendah.

Baca juga: Masak Pakai Minyak Zaitun Turunkan Risiko Penyakit Jantung

2. Menurunkan tekanan darah 

Sekitar 45 persen populasi orang dewasa AS memiliki tekanan darah tinggi, suatu kondisi yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Tetapi, menambahkan sedikit minyak zaitun ke dalam diet dapat membantu mencegahnya.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa di antara sekelompok 50 peserta studi orang dewasa, mereka yang mengonsumsi sekitar 4 sendok makan minyak zaitun extra virgin polifenol tinggi per hari secara signifikan mengurangi tekanan darah sistolik perifer dan pusat mereka.

3. Mengurangi peradangan

Jika kita mengalami peradangan, baik itu nyeri sendi atau peradangan arteri akibat plak, konsumsi minyak zaitun dapat bermanfaat.

Halaman:
Sumber Eat This



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.