Kompas.com - 08/09/2022, 14:39 WIB

KOMPAS.com - Makanan yang mengandung purin tinggi selalu dianggap sebagai penyebab asam urat. Padahal, ada faktor risiko asam urat yang jarang diketahui banyak orang.

Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan peradangan serta memengaruhi jaringan lunak di sekitarnya.

Beberapa gejalanya dapat ditandai dengan kondisi sensasi panas di area persendian, pembengkakan di area sendi, nyeri sendi, kulit memerah hingga rasa sakit yang cukup intens.

Dalam banyak kasus, asam urat menyerang beberapa bagian tubuh seperti jempol kaki, tetapi dapat memengaruhi area sendi lain seperti di pergelangan kaki, lutut, tangan hingga jari-jari.

Baca juga: 5 Cara Cepat Hilangkan Nyeri Asam Urat

Faktor risiko asam urat

Kadar asam urat tinggiFreepik Kadar asam urat tinggi

Asam urat pada umumnya dapat memengaruhi persendian dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, ini merupakan penyakit degeneratif yang bisa menyerang seiring bertambahnya usia.

Apa saja faktor risikonya? Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa faktor yang memicu asam urat.

1. Jenis kelamin, pria tiga kali lebih berisiko

Kasus asam urat paling umum terjadi pada pria. Bahkan beberapa penelitian risiko tersebut tiga kali lebih tinggi daripada wanita.

Pria cenderung mengembangkan penyakit tersebut antara usia 30-45 tahun. Sedangkan wanita berisiko di usia yang lebih tua pada 55-70 tahun.

Mengapa pria tiga kali berisiko tinggi terkena asam urat? Faktor tersebut dapat dijelaskan karena tubuh wanita secara alami memproduksi hormon estrogen.

Hormon tersebut lantas bertindak sebagai "pelindung" pada kaum Hawa, yang mana kadar asam urat secara alami dapat terbuang melalui urine di usia produktif.

Namun, ketika fase menopause, produksi hormon estrogen berkurang secara perlahan yang kemudian dapat menimbulkan risiko asam urat di usia lanjut.

2. Kondisi medis tertentu

Berbagai kondisi medis pada tubuh seseorang tampaknya berisiko terkena asam urat.

Seperti pasien gagal jantung kongestif, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, orang dengan sindrom metabolik seperti resistensi insulin, penyakit ginjal hingga anemia.

Baca juga: 6 Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat, Salah Satunya Kopi 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.