Kompas.com - 08/09/2022, 16:10 WIB
Konsultasi Tanya Pakar Nutrisi

Cari jalan keluar tentang nutrisi secara tepat?

Periksa terperinci gizi Anda, konsultasi ke Kompas.com!

Narasumber: dr. Diana Felicia Suganda, Sp.GK, M.Kes

PERTANYAAN
Dokter saat ini saya sedang melakukan diet karena akhir tahun ini akan menikah. Tinggi saya 157, BB 60. Saya punya target turun jadi 52 kg. Saya mengurangi nasi (hanya makan nasi saat siang). Tapi kalau malam saya menggantinya dengan makan buah-buahan.

Tapi saya baca sebenarnya buah juga tidak bagus untuk yang sedang diet karena mengandung gula. Apa benar ya dok? Saya biasanya makan buah apel, pisang, alpukat, atau jambu merah. Berganti-ganti. Kadang juga saya jus dengan sayuran. Namun tetap saja sebenarnya saya masih lapar.

Mohon penjelasan dokter apakah benar makan buah yang manis tidak boleh saat diet?

Kezia, Jakarta

Baca juga: 6 Tanda Tubuh Mencapai Proses Ketosis, Pelaku Diet Keto Wajib Tahu

JAWABAN

Jika ingin menurunkan berat badan dengan cara defisit kalori seperti yang kamu lakukan dengan mengurangi nasi dan menggantinya dengan buah, tidak perlu khawatir dengan kandungan gula dalam buah.

Buah pasti mengandung gula, tetapi gulanya berbeda dengan gula sederhana yang kita makan, misalnya dari sirup, tepung-tepungan, atau kue yang manis-manis. Itu yang sebaiknya kita kurangi.

Saat sedang diet, gula dari buah masih boleh kita konsumsi. Kamu bisa pilih buah yang kandungan kalorinya lebih rendah misalnya apel, pir, semangka, pepaya, melon, pisang, hingga buah naga.

Sebaiknya kita tidak cuma concern pada buahnya saja, tetapi total kalori. Konsumsi makanan bergizi harus tetap. Jadi karbohidratnya harus ada, walau kalau mau dikurangi jumlah/porsinya silakan.

Baca juga: 6 Buah yang Wajib Dikonsumsi untuk Mengontrol Gula Darah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.