Kompas.com - 09/09/2022, 12:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Beberapa tahun terakhir kita mungkin sudah tidak asing dengan tren matcha yang banyak dijadikan sebagai minuman, tambahan untuk smoothie, dan makanan penutup atau dessert.

Bahkan, matcha diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan hingga pencegahan kanker.

Namun, apa sebenarnya matcha itu? Apa bedanya dengan teh hijau? Dan apakah semua klaim kesehatan ini benar-benar nyata?

Baca juga: Banyak Manfaat, Yuk Ganti Kopi dengan Matcha

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, para ahli pun menjelaskan tentang matcha dan apa saja manfaat kesehatannya, seperti berikut ini.

Apa itu matcha

Matcha adalah jenis teh hijau yang berasal dari tanaman Camellia sinensis, sama dengan semua teh hijau, teh hitam, dan teh oolong.

"Ketika kita memesan teh hijau tradisional, kita menyeduh daun teh dalam air panas sampai daunnya benar-benar meresap dan kemudian membuangnya," kata seorang ahli gizi olahraga yang berbasis di New York, Cynthia Sass, MPH, RD.

"Dengan matcha, kita meminum daun yang dibuat menjadi bubuk halus dan larutan dengan mencampurkan sekitar satu sendok teh bubuk matcha ke dalam sepertiga cangkir air panas," terangnya.

Manfaat matcha untuk kesehatan

Matcha diketahui kaya akan nutrisi dan antioksidan yang lebih kuat dibandingkan dengan teh hijau yang disiapkan secara tradisional.

"Pertama-tama, ketahuilah bahwa matcha mengandung antioksidan yang disebut polifenol," ungkap Sass.

"Ini berarti matcha memiliki efek antiinflamasi dan dapat melindungi tubuh dari masalah kesehatan yang serius seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.