Kompas.com - 11/09/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai sumber protein terbesar di dalam tubuh manusia, kolagen diketahui memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan kulit dan anti-penuaan.

Bahkan lebih dari itu, kolagen ternyata juga memiliki manfaat potensial lainnya untuk membantu mendukung penurunan berat badan yang sehat dan pemulihan pasca latihan.

Dilansir laman Live Science, para ahli pun menjelaskan lebih lanjut mengenai kolagen dan bagaimana protein alami ini dapat membantu kita menurunkan berat badan sebagai berikut.

Baca juga: Amankah Minuman Kolagen bagi Penderita Diabetes? Ini Kata Dokter

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah protein yang banyak ditemukan di dalam tubuh, dengan kolagen sintetis yang digunakan untuk membantu penyembuhan luka, pengobatan osteoartritis, dan bahan pengisi kulit.

Menurut Brian Carson, PhD, seorang dosen di Departemen Pendidikan Jasmani dan Ilmu Olahraga di Universitas Limerick, kolagen adalah bentuk protein yang ditemukan dalam jaringan ikat seperti kulit, tulang, tendon, dan ligamen.

"Seperti protein lainnya, kolagen terdiri dari sejumlah asam amino, yakni blok bangunan untuk protein. Kolagen cenderung tinggi glisin, prolin, dan hidroksiprolin, serta memiliki kandungan asam amino esensial yang rendah," kata dia.

Sebuah artikel di British Journal of Nutrition menemukan, suplementasi kolagen sangat membantu dalam meningkatkan komposisi tubuh pada pria sarkopenik (lemah) lanjut usia, bila dikombinasikan dengan latihan kekuatan.

Ini mungkin menunjukkan, suplementasi kolagen dapat mendukung kesehatan di kemudian hari.

Baca juga: Penting, Cukupi Kadar Kolagen demi Lawan Tanda-tanda Penuaan

Sementara itu, seorang dokter dan pendiri Lantern Clinic, Dr Margarita Kitova-John, juga menambahkan, produksi kolagen yang optimal membutuhkan protein tinggi dan diet vitamin C.

"Tanpa kolagen, tubuh manusia akan direduksi menjadi gumpalan sel yang saling berhubungan oleh beberapa neuron," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.