Kompas.com - 11/09/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Makanan yang kita konsumsi sehari-hari memiliki peran penting untuk membuat kadar kolesterol tetap rendah dan menjaga kesehatan jantung.

Kabar baiknya adalah, kita tidak perlu melakukan banyak pembatasan diet untuk melihat perubahan positif.

Hanya dengan melakukan beberapa perbaikan kecil dalam kebiasaan makan, kita dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi terhadap penumpukan lemak di arteri penyebab penyakit jantung.

Baca juga: 4 Buah yang Baik untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung, Apa Saja?

Nah, seperti dilansir laman CNBC, dokter spesialis jantung dan pendiri Step One Foods, Dr Elizabeth Klodas merekomendasikan beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

1. Oat

Menurut Klodas, oat mengandung banyak serat, termasuk serat larut yang mengurangi penyerapan kolesterol dalam sistem pencernaan.

Serat secara umum juga membantu untuk menghindari lonjakan insulin yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Banyak orang Amerika tidak mendapatkan cukup serat, meskipun itu banyak manfaatnya.

Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa meningkatkan asupan serat sebanyak 10 gram per hari dapat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 14 persen dan kematian akibat penyakit jantung sebesar 27 persen.

Baca juga: Susu Oat vs Susu Almond, Mana yang Lebih Sehat?

2. Almond

Satu studi tahun 2018 menemukan bahwa almond dapat menurunkan kolesterol LDL sambil mempertahankan atau bahkan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Ini tentunya dapat membantu menghilangkan bentuk kolesterol lain dari aliran darah kita.

"Bagi yang bukan penggemar almond, ada pilihan kacang lainnya yang juga telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol seperti hazelnut, macadamia, kenari, dan pistachio," ungkap Klodas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber CNBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.