Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2022, 10:13 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Penghuni rumah perlu mengetahui cara yang tepat ketika berhadapan dengan ular yang masuk ke tempat tinggalnya.

Apalagi beberapa spesies ular yang seringkali menyelinap ke rumah-rumah di Indonesia punya bisa mematikan, seperti welang, weling, dan king cobra.

Bersikap dengan tepat saat menemukan ular di rumah penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan digigit, dililit, dan kekacauan lainnya.

Meski begitu, ada satu kesalahan yang menempatkan penghuni rumah ke dalam bahaya ketika bertemu dengan ular. Apakah itu?

Baca juga: 10 Spesies Ular Terbesar di Dunia, Siapa Juaranya?

Kesalahan yang sering dilakukan ketika menemukan ular di rumah

Keberadaan ular di hunian sebenarnya mendatangkan keuntungan bagi penghuni rumah karena hewan melata ini dapat memangsa tikus.

Hal tersebut dikatakan pemilik Triangle Lawn Care di Raleigh, North Carolina, AS, Donnie Shelto, dikutip dari Best Life.

Akan tetapi, sebaik-baiknya manfaat ular di rumah, sebagian besar orang tentunya tidak ingin menemukan hewan melata ini secara langsung.

Pasalnya ular dapat melancarkan gigitan dengan bisa mematikan ketika merasa terancam yang berisiko menyebabkan perdarahan bahkan kematian.

Nah, saat berpapasan dengan ular, penghuni rumah disarankan tidak mengatasinya secara langsung. Demikian saran Ray Mitchell dari Mitchell Pest Services.

Ia mengatakan, mencoba menangkap atau bahkan membunuh ular dapat adalah faktor penghuni rumah digigit.

Karena alasan itulah, Mitchell merekomendasikan penghuni rumah yang melihat ular di tempat tinggalnya untuk membiarkan hewan melata ini pergi.

Jika tidak, mereka disarankan untuk memanggil bantuan -dalam hal ini bisa menghubungi pemadam kebakaran.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Best Life


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com