Kompas.com - 13/09/2022, 11:36 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki kebiasaan hidup yang sehat seperti berolahraga tidak hanya dapat menargetkan otot-otot yang lebih kuat dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Hal ini pada akhirnya juga bisa memperlambat penuaan dini dan membuat penampilan kita tampak lebih awet muda.

"Ketika berbicara tentang penuaan, kita tidak dapat membalikkan waktu, tetapi kita dapat memperlambatnya dan menjaga detik dan tahun kita tetap sehat secara konsisten."

Demikian penuturan seorang pelatih dan pakar kesehatan, Joey Thurman, CES CPT CSCS FNS.

"Banyak orang mengharapkan saya untuk berbagi mengenai olahraga paling ampuh, perbaikan cepat, dan trik untuk menjadi lebih awet muda, tetapi saya tidak lakukan itu."

"Sebaliknya, kita perlu mengembangkan kebiasaan untuk hidup sehat dan bersemangat untuk membuat kita bergerak lebih baik, merasa lebih baik, dan tentu saja, menua dengan lebih baik," sambung dia.

Baca juga: 7 Kebiasaan demi Menua dalam Kondisi yang Lebih Baik

Kebiasaan sehat untuk memperlambat penuaan 

Nah, dilansir dari laman Eat This Not That, Thurman pun memberikan tips terkait kebiasaan sehat yang dapat memperlambat penuaan dini sebagai berikut.

1. Berjalan kaki tanpa gangguan

"Berjalan kaki di luar sangat baik bagi kesehatan fisik dengan mengurangi tingkat kematian dan membantu kesehatan mental dengan mengurangi tanda-tanda depresi sebesar 25 persen," kata Thurman.

Dia pun menyarankan kita untuk benar-benar mendapat manfaat dari berjalan kaki dan mengambil satu langkah lebih jauh dengan melepaskan diri saat melakukannya.

Berjalanlah sendiri dan luangkan waktu untuk merenungkan pikiran kita sendiri tanpa gangguan.

Halaman:
Sumber Eat This


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.