Kompas.com - 13/09/2022, 13:47 WIB

KOMPAS.com - Obat herbal masih diandalkan sebagian orang untuk memulihkan sekaligus menjaga kesehatan tubuh.

Bukan tanpa alasan mengapa obat herbal masih memiliki tempat yang istimewa di hati orang-orang yang mengutamakan gaya hidup sehat.

Pasalnya obat herbal dinilai lebih aman, minim efek samping, mudah didapat, terjangkau, sekaligus berkhasiat ketika dikonsumsi.

Hal tersebut membuat eksistensi obat herbal bertahan hingga kini walau secara efektivitas harus bersaing dengan obat kimia.

Baca juga: Waspada Terkena Beragam Penyakit, Cegah dengan Obat Herbal Ini

Tapi, benar tidak sih mengonsumsi obat herbal lebih baik daripada obat kimia? Berikut penjelasannya.

Apa itu obat herbal?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), obat herbal terdiri dari jamu, bahan herbal, sediaan herbal, maupun produk jadi herbal.

Obat herbal juga dikategorikan sebagai pengobatan yang mengandung bahan aktif dari bagian tumbuhan, bahan tumbuhan lain, atau kombinasinya.

Menilik pengertian dari WHO, obat herbal tentunya berbeda dengan obat tradisional -meski keduanya bisa memiliki kaitan sejarah.

WHO menjelaskan bahwa obat tradisional bersumber dari pengetahuan, keterampilan, dan praktik berdasarkan teori, kepercayaan, dan pengalaman.

Itu semua bisa didapat dari budaya yang berbeda, baik yang dapat dijelaskan atau tidak, yang digunakan untuk menjaga kesehatan serta dalam pencegahan, diagnosis, perbaikan atau pengobatan dari penyakit fisik dan mental.

Baca juga: Masih Pandemi, Suplemen Herbal Bisa Jadi Asupan untuk Jaga Imunitas

Halaman:



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.