Kompas.com - 14/09/2022, 06:10 WIB

KOMPAS.com - Flek-flek hitam pada wajah, dada, tangan, atau di tempat lain pada tubuh bisa sangat membuat frustrasi untuk ditangani karena tidak dapat hilang dengan sendirinya, atau hanya bisa ditutupi oleh concealer biasa.

Menurut para ahli, sebagian besar flek-flek hitam pada kulit dapat dikaitkan dengan dua penyebab, yakni jaringan parut dan hiperpigmentas akibat paparan sinar matahari.

"Bekas luka dapat dibagi menjadi dua kategori, bekas luka gelap yang sebenarnya merupakan hasil dari hiperpigmentasi pasca-inflamasi atau perubahan tekstur kulit yang menghasilkan bekas luka yang terangkat."

Demikian penuturan ahli bedah dermatologis di Manhattan and Hampton Bays di New York, Dr Dendy Engelman, MD, FACMS, FAAD.

Baca juga: Penyebab Timbulnya Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya

"Bekas luka berpigmen biasanya disebabkan oleh cedera pada pigmen yang membentuk lapisan epidermis, sementara bekas luka tekstur disebabkan oleh robekan yang sebenarnya pada dermis," jelasnya.

Nah, untuk mengatasi masalah flek-flek hitam yang dapat mengganggu penampilan ini, Engelman mengatakan bahwa perawatan secara alami di rumah bisa menjadi pilihan.

Untuk itu, dia pun merekomendasikan sejumlah perawatan kulit alami yang dapat menghilangkan flek-flek hitam, seperti yang dilansir dari laman Byrdie berikut ini.

1. Eksfoliasi dengan pepaya

"Pepaya memiliki asam buah yang dikenal sebagai asam alfa-hidroksi, yang merupakan eksfolian kimiawi," kata Engelman.

"AHA digunakan untuk kulit kering dan untuk anti-penuaan yang bekerja memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan atas kulit melalui pelemahan lipid," terangnya.

Dengan demikian, pepaya bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit kusam dan mati, kemudian menggantikannya dengan sel-sel kulit yang sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Byrdie


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.