Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Perawatan Alami untuk Hilangkan Flek Hitam di Kulit

Kompas.com - 14/09/2022, 06:10 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Flek-flek hitam pada wajah, dada, tangan, atau di tempat lain pada tubuh bisa sangat membuat frustrasi untuk ditangani karena tidak dapat hilang dengan sendirinya, atau hanya bisa ditutupi oleh concealer biasa.

Menurut para ahli, sebagian besar flek-flek hitam pada kulit dapat dikaitkan dengan dua penyebab, yakni jaringan parut dan hiperpigmentas akibat paparan sinar matahari.

"Bekas luka dapat dibagi menjadi dua kategori, bekas luka gelap yang sebenarnya merupakan hasil dari hiperpigmentasi pasca-inflamasi atau perubahan tekstur kulit yang menghasilkan bekas luka yang terangkat."

Demikian penuturan ahli bedah dermatologis di Manhattan and Hampton Bays di New York, Dr Dendy Engelman, MD, FACMS, FAAD.

Baca juga: Penyebab Timbulnya Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya

"Bekas luka berpigmen biasanya disebabkan oleh cedera pada pigmen yang membentuk lapisan epidermis, sementara bekas luka tekstur disebabkan oleh robekan yang sebenarnya pada dermis," jelasnya.

Nah, untuk mengatasi masalah flek-flek hitam yang dapat mengganggu penampilan ini, Engelman mengatakan bahwa perawatan secara alami di rumah bisa menjadi pilihan.

Untuk itu, dia pun merekomendasikan sejumlah perawatan kulit alami yang dapat menghilangkan flek-flek hitam, seperti yang dilansir dari laman Byrdie berikut ini.

1. Eksfoliasi dengan pepaya

"Pepaya memiliki asam buah yang dikenal sebagai asam alfa-hidroksi, yang merupakan eksfolian kimiawi," kata Engelman.

"AHA digunakan untuk kulit kering dan untuk anti-penuaan yang bekerja memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan atas kulit melalui pelemahan lipid," terangnya.

Dengan demikian, pepaya bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit kusam dan mati, kemudian menggantikannya dengan sel-sel kulit yang sehat.

"Buah ini juga sangat efektif dalam memecah sel-sel kulit dan juga meningkatkan produksi kolagen karena pengangkatan partikel mati."

"Pepaya secara khusus akan membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak muda," ungkap Engelman.

Baca juga: Mengenal Melasma, Flek Hitam di Wajah yang Ganggu Penampilan

Untuk mengatasi flek-flek hitam dengan pepaya, cukup tumbuk pepaya matang dalam mangkuk dan oleskan sebagai masker untuk membersihkan kulit.

Diamkan selama 15-20 menit.

Setelah itu, saat melepas masker, kita bisa menggunakan gerakan melingkar yang lembut untuk sedikit tambahan pengelupasan kulit pada lapisan atas sel-sel kulit yang mati.

Halaman:
Sumber Byrdie


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com