Kompas.com - 14/09/2022, 13:48 WIB

KOMPAS.com - Kurangnya durasi tidur seringkali dikaitkan dengan berbagai risiko kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, hingga hipertensi.

Akan tetapi, studi terbaru University of California, Barkeley, AS, mendapati temuan lain bahwa kurang tidur bisa mendorong perilaku egois.

Peneliti juga mengatakan kalau kurang tidur satu jam saja sudah cukup memengaruhi kesadaran sosial dan kemauan untuk membantu orang lain.

Temuan tersebut diketahui setelah peneliti mempublikasikan studinya ke jurnal PLOS Biology pada Juni tahun ini.

"Studi menetapkan bahwa kurang tidur menjadi pemicu perilaku asosial, mengurangi keinginan bawaan manusia untuk membantu orang lain."

Demikian penjelasan yang disampaikan profesor Neuroscience & Psychology di University of California yang juga penulis studi, Matthew Walker, Ph.D.

Baca juga: 6 Masalah Kesehatan Akibat Kurang Tidur

Hubungan kurang tidur dan perilaku egois

Keterkaitan antara kurang tidur dengan perilaku egois didapat peneliti setelah melakukan tiga penilaian terhadap durasi tidur responden.

Pertama-tama, peneliti menjaring 24 responden yang sehat untuk menjalani scan otak setelah delapan jam tidur dan semalaman begadang.

Mereka menemukan hanya ada sedikit aktivitas di bagian otak yang berkaitan dengan berempati kepada orang lain pada mereka yang semalaman tidak tidur.

Pada penilaian selanjutnya, peneliti menyelidiki seratus orang secara online selama 3-4 malam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.