Kompas.com - 14/09/2022, 21:04 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 adalah meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai pola hidup sehat dan kesehatan tubuh.

Jika dulu seringkali abai untuk memperhatikan faktor ini, pandemi mengajarkan kita agar selalu mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, menyemprot disinfektan, dan menerapkan gaya hidup bersih lainnya.

Tren kenaikan awareness mengenai kesehatan diri sempat diriset oleh SurveySensum yang menunjukkan bahwa orang Indonesia beralih menuju “health & hygiene lifestyle”.

Olahraga juga menjadi bagian dari pola hidup sehat yang diadopsi semasa pandemi, sebagaimana dihimbau oleh Kementrian Kesehatan Indonesia.

Namun dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk benar-benar menerapkan pola hidup sehat. Mungkin saja sebagian masyarakat lebih terekspos dengan junk food, ketimbang makanan sehat.

Nah, supaya tetap sehat dan bugar, banyak orang yang mulai mengkonsumsi suplemen dan vitamin sebagai pilihan alternatif.

Kesadaran ini meningkat pesat, terutama bagi mereka yang pernah terpapar virus Covid-19 karena telah merasakan pentingnya suplemen untuk meningkatkan sistem imun.

Pada acara product launching Nutrilite I-Defense, Selasa (13/9/22), Dr. Eric Daniel Tenda, dokter spesialis penyakit dalam, menjelaskan apa itu sebenarnya sistem imun manusia.

Sistem ini dikenal sebagai sistem perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit, di mana imun yang baik dapat membedakan sel tubuhnya sendiri dan patogen.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Bikin Kekebalan Tubuh Meningkat, Apa Saja?

manajemen Amway dengan Dr. Eric Daniel Tenda (pojok kanan) pada sesi product launching Nutrilite I-Defense, Selasa (13/9/22) ()Chelsea Austine manajemen Amway dengan Dr. Eric Daniel Tenda (pojok kanan) pada sesi product launching Nutrilite I-Defense, Selasa (13/9/22) ()
Tubuh sendiri, memiliki 3 lapis pertahanan tubuh yakni pertama fisik, kimiawi, biologis seperti kulit, selaput mukosa, dan lainnya. Kedua, dinamai sebagai lapisan non-spesifik alias sudah ada secara alamiah dalam tubuh serta mampu bekerja cepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.