Kompas.com - 15/09/2022, 05:33 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama berabad-abad, madu telah dimanfaatkan sebagai produk pangan yang dikenal akan manfaatnya bagi manusia.

Madu mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh yang mencakup vitamin, mineral, enzim bermanfaat, antioksidan dan sejumlah nutrisi lainnya.

Dalam penggunaannya, madu seringkali dikonsumsi secara langsung, dicampurkan ke dalam minuman, dijadikan alternatif pemanis yang lebih sehat serta diracik menjadi obat-obatan tertentu atau bahan baku kosmetik.

Terkait dengan rasa, aroma, tekstur atau bahkan manfaat madu juga sangat bervariasi tergantung jenis bunga yang dikunjungi lebah.

Tak heran jika ada beberapa jenis madu ada yang dijual dengan harga mahal per satu kilogramnya.

Itu dikarenakan beberapa jenis nektar bunga atau jenis lebah tertentu terbilang langka atau hanya terdapat di wilayah tertentu yang sulit dijangkau.

Baca juga: 7 Khasiat Madu, untuk Sembuhkan Luka hingga Jaga Jantung 

Manfaat madu bagi kesehatan dan penyembuhan penyakit

Ilustrasi madu dari bunga manuka Dok. Shutterstock/Liga Cerina Ilustrasi madu dari bunga manuka

Cairan kental dengan rasa manis ini merupakan bahan alami, dihasilkan oleh lebah madu yang mengumpulkan nektar dari tanaman. 

Saat ini, ada banyak sekali manfaat madu yang bisa diperoleh. Tapi secara umum, khasiatnya kerap dimanfaatkan untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit.

Khasiatnya pun sudah teruji secara ilmiah karena kandungan madu bersifat sebagai penangkal radikal bebas, antimikroba, antiinflamasi, antikanker, menjaga kesehatan sistem pencernaan serta mempercepat penyembuhan.

Halaman:
Sumber Pharmeasy



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.