Kompas.com - 16/09/2022, 07:52 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tanaman hias memang jadi incaran banyak orang sejak beberapa tahun ke belakang.

Nah, di antara berbagai jenis tanaman hias yang paling dicari, Chinese evergreen alias sri rejeki atau aglaonema (kerap disebut aglonema) adalah salah satunya.

Dilansir dari The Spruce, kepopuleran aglonema disebabkan karena daun-daun ovalnya yang besar dan nampak mengkilap memiliki varian warna yang cantik, mulai dari hijau gelap, hingga perak dan merah yang cocok untuk menghiasi rumah.

Bukan hanya itu, merawat aglaonema pun terbilang mudah, membuatnya cocok bagi para pemula, meski tidak cocok bagi pecinta hewan karena tanaman ini sangat beracun bagi kucing dan anjing.

Nah, jika bicara soal perawatan aglaonema, kita hanya perlu mematuhi satu peraturan sederhana, yaitu semakin terang variegasi (zona berwarna berbeda pada tanaman), semakin banyak cahaya matahari yang diperlukan.

Jika kita telah memahaminya, merawat aglaonema pun tak akan sulit.

Selain itu, kita juga perlu menjaga agar tanaman yang kita perlihara tetap hangat dan lembap.

Dengan ini, kita akan mendapatkan aglaonema yang kuat, memiliki umur panjang, namun tumbuh dengan stabil dan tak akan lebih besar dari pot tempatnya tumbuh.

Baca juga: 6 Cara Merawat Aglonema, Penting Diketahui Pemula

Merawat aglonema

Cara merawat aglonema terbilang mudah. Bagi pemula, tanaman dengan nama ilmiah Aglaonema commutatum ini juga cocok sebagai tanaman pertama karena perawatannya yang rendah dan tidak mudah mati.SHUTTERSTOCK/IWAN WIDIYATNO Cara merawat aglonema terbilang mudah. Bagi pemula, tanaman dengan nama ilmiah Aglaonema commutatum ini juga cocok sebagai tanaman pertama karena perawatannya yang rendah dan tidak mudah mati.
Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat aglaonema, seperti berikut ini.

  • Cahaya

Varietas aglaonema yang memiliki warna hijau lebih gelap dapat tumbuh di area near-shade (hampir teduh), sedangkan varietas yang memiliki variegasi cerah membutuhkan cahaya yang lebih terang.

Halaman:
Sumber The Spruce



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.