Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Manfaat Minyak Kemiri, Termasuk Mengatasi Rambut Rontok

Kompas.com - 16/09/2022, 12:06 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kita yang memiliki kulit cenderung kering pasti sudah tidak asing lagi dengan beragam produk skincare yang melembabkan, mulai dari krim wajah hingga serum.

Selain mengandalkan bahan-bahan kimia, beberapa produk skincare ternyata mengandung sejumlah bahan alami yang dapat kita masukan ke dalam rutinitas skincare sehari-hari.

Jika pernah mendengar minyak kemiri, atau kukui nut oil, atau yang juga dikenal sebagai candlenut oil, ini adalah salah satu bahan ajaib yang dapat melembabkan kulit kita secara alami.

Lalu, apa sebenarnya minyak kemiri itu? Apa saja manfaat, serta bagaimana cara menggunakannya?

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan para ahli mengenai fakta-fakta mengenai minyak kemiri, seperti berikut ini.

Baca juga: Bikin Rambut Berkilau, Ini Manfaat Minyak Kemiri dan Cara Buatnya

Apa itu minyak kemiri

Minyak kemiri berasal dari biji pohon kemiri yang banyak ditemukan di Indonesia. 

Selain itu, tanaman dengan nama ilmiah Aleurites moluccanus ini juga sering ditemukan di beberapa negara seperti Filipina, Malaysia, China, dan India.

Tinggi pohon kemiri ini bisa mencapai 20 meter dengan diameter batangnya sekitar 0,9 meter. 

Buahnya mengandung sekitar 2–3 biji kemiri, yang kemudian dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan minyak kemiri.

Menurut seorang dokter spesialis kulit dan mitra Bio-Oil, Dr Anna Karp, MD, minyak kemiri adalah bahan yang sangat menghidrasi dan bisa menyegel air ke dalam kulit.

Sementara itu, direktur pendidikan di Epicuren Discovery, Lisa Reinhardt juga mengungkapkan bahwa minyak kemiri sangat ringan, yang menjadikannya bahan yang sangat baik untuk produk perawatan kulit wajah maupun tubuh.

Selain menjadi minyak yang melembabkan kulit, pendiri perusahaan kecantikan Hanalei yang berbasis di Hawaii, Alice Kim mengatakan bahwa minyak kacang kemiri juga memiliki makna spiritual bagi orang-orang asli Hawaii.

"Biji maupun bunga kemiri banyak dijadikan sebagai leis atau kalung karena tanaman ini dikenal dalam sejarah untuk memberikan pembaharuan, perlindungan, dan pencerahan," katanya. 

"Orang Hawaii telah lama menggunakan setiap bagian dari pohon kemiri untuk berbagai macam kegunaan, termasuk secara alami mengobati bermacam-macam penyakit seperti kulit terbakar matahari dan ruam," sambung dia.

Ilustrasi kemirishutterstock Ilustrasi kemiri
Manfaat minyak kemiri

Minyak kemiri mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi kesehatan seperti kalsium, vitamin B1, B2, hingga zat besi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com