Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2022, 11:00 WIB
Dinno Baskoro,
Sekar Langit Nariswari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang dikenal ampuh untuk mengatasi kondisi kulit memerah dan terasa perih akibat sengatan sinar matahari alias sunburn.

Salah satu yang paling populer adalah mengoleskan aloe vera atau gel lidah buaya ke area kulit yang terasa tidak nyaman.

Terkadang beberapa orang merekomendasikan bahan tersebut karena dianggap memiliki efek menenangkan pada kulit.

Namun apakah lidah buaya benar-benar efektif mengobati kulit terbakar sinar matahari?

Coba simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Khasiat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan, Penasaran? 

Manfaat lidah buaya untuk mengatasi sunburn

Paparan cahaya saat berada di zona waktu berbeda selama lebih dari beberapa hari juga menjadi tips tidur nyenyak saat bepergian, karena menyesuaikan siklus tidur alami tubuh sesuai zona waktu setempat.FREEPIK/COOKIE_STUDIO Paparan cahaya saat berada di zona waktu berbeda selama lebih dari beberapa hari juga menjadi tips tidur nyenyak saat bepergian, karena menyesuaikan siklus tidur alami tubuh sesuai zona waktu setempat.
Dermatologis dari Cleveland Clinic, Paul Benedetto, MD mengatakan bahwa lidah buaya memang memiliki sifat menenangkan di kulit ketika digunakan untuk mengatasi sunburn.

Hal itu dikarenakan kandungan lidah buaya memiliki zat tertentu yang bersifat anti-peradangan, antioksidan dan berperan dalam melindungi kulit serta memberikan efek menenangkan.

Dalam penggunaannya, lidah buaya dapat membantu melembapkan kulit dan mencegah pengelupasan kulit yang terbakar sinar matahari.

Tapi beberapa zat yang terkandung di dalamnya belum cukup ampuh untuk mengobati kulit yang terkena sunburn secara menyeluruh.

"Lidah buaya tidak mencegah sunburn dan beberapa penelitian menyebutkan bahwa khasiatnya tidak terlalu efektif dalam mengobati sunburn," jelasnya.

Menurut Paul, obat yang paling efektif untuk menyembuhkan kulit terbakar adalah waktu.

Sementara penggunaan gel lidah buaya berperan untuk melindungi area kulit dan mencegahnya agar tidak terkelupas atau semakin iritasi saat proses penyembuhan.

Sehingga dapat diartikan bahwa meskipun penggunaannya terasa nyaman di kulit, bukan berarti dapat dijadikan obat untuk mengatasi sunburn hingga mempercepat penyembuhannya.

Beberapa orang merasa terbantu karena gel lidah buaya dapat meredakan nyeri dan memberikan efek pendinginan.

Baca juga: Mungkinkah Kucing Mengalami Sunburn? 

Apakah lidah buaya aman digunakan?

Secara keseluruhan, lidah buaya aman digunakan. Namun Dr Benedetto mengingatkan bahwa beberapa orang mungkin memiliki reaksi tertentu terhadap lidah buaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com