Kompas.com - 17/09/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang dikenal ampuh untuk mengatasi kondisi kulit memerah dan terasa perih akibat sengatan sinar matahari alias sunburn.

Salah satu yang paling populer adalah mengoleskan aloe vera atau gel lidah buaya ke area kulit yang terasa tidak nyaman.

Terkadang beberapa orang merekomendasikan bahan tersebut karena dianggap memiliki efek menenangkan pada kulit.

Namun apakah lidah buaya benar-benar efektif mengobati kulit terbakar sinar matahari?

Coba simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Khasiat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan, Penasaran? 

Manfaat lidah buaya untuk mengatasi sunburn

Paparan cahaya saat berada di zona waktu berbeda selama lebih dari beberapa hari juga menjadi tips tidur nyenyak saat bepergian, karena menyesuaikan siklus tidur alami tubuh sesuai zona waktu setempat.FREEPIK/COOKIE_STUDIO Paparan cahaya saat berada di zona waktu berbeda selama lebih dari beberapa hari juga menjadi tips tidur nyenyak saat bepergian, karena menyesuaikan siklus tidur alami tubuh sesuai zona waktu setempat.
Dermatologis dari Cleveland Clinic, Paul Benedetto, MD mengatakan bahwa lidah buaya memang memiliki sifat menenangkan di kulit ketika digunakan untuk mengatasi sunburn.

Hal itu dikarenakan kandungan lidah buaya memiliki zat tertentu yang bersifat anti-peradangan, antioksidan dan berperan dalam melindungi kulit serta memberikan efek menenangkan.

Dalam penggunaannya, lidah buaya dapat membantu melembapkan kulit dan mencegah pengelupasan kulit yang terbakar sinar matahari.

Tapi beberapa zat yang terkandung di dalamnya belum cukup ampuh untuk mengobati kulit yang terkena sunburn secara menyeluruh.

"Lidah buaya tidak mencegah sunburn dan beberapa penelitian menyebutkan bahwa khasiatnya tidak terlalu efektif dalam mengobati sunburn," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.