Kompas.com - 18/09/2022, 06:24 WIB
|
Editor Wisnubrata


KOMPAS.com - Mempersiapkan hewan peliharaan dengan kehadiran anggota keluarga baru penting untuk dilakukan.

Pasalnya, perubahan situasi mendadak di lingkungan rumah bisa saja berdampak pada kondisi mental hewan peliharaan yang dapat membuatnya stres bahkan mudah sakit.

Sejumlah persiapan yang perlu dilakukan sebenarnya tidak terlalu rumit, namun harus dipersiapkan secara matang bahkan jauh hari sebelum kelahiran bayi. 

Baca juga: Apakah Hewan Peliharaan Bisa Jatuh Cinta?

Persiapan hewan peliharaan dengan kehadiran bayi

Ilustrasi pindah rumah bersama kucing peliharaan.Shutterstock/Irina Gutyryak Ilustrasi pindah rumah bersama kucing peliharaan.

Ada beberapa cara untuk menyiapkan mental "anak bulu" dengan kehadiran bayi di rumah.

Menurut Animal Humane Society (AHS), mempersiapkan anak bulu berkaki empat seperti kucing atau anjing perlu dilakukan secara perlahan.

Hal tersebut dapat membantu menciptakan transisi perubahan suasana lingkungan yang nyaman hewan peliharaan dan juga si kecil.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar hewan peliharaan tidak mudah stres dengan lingkungan baru.

1. Rencanakan jauh-jauh hari

Beberapa hewan peliharaan yang terbiasa tinggal di dalam rumah bisa menunjukkan kecemburuan karena mereka tak lagi menjadi pusat perhatian jika anggota keluarga baru sudah datang.

Maka dari itu, menurut American Kennel Club (AKC), persiapan yang matang dan dilakukan jauh-jauh hari sebelum kelahiran buah hati merupakan cara terbaik untuk memudahkan anak bulu beradaptasi.

Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.