Kompas.com - 18/09/2022, 17:22 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mata bengkak tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga memberikan sensasi tidak nyaman saat beraktivitas.

Kondisi tersebut dapat terjadi karena adanya retensi cairan di jaringan sekitar mata yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti genetika, paparan sinar matahari, kurang tidur sampai pola makan yang buruk.

Dalam beberapa kasus, pembengkakan di area mata disertai dengan gejala gatal dan memerah.

Menurut dokter kulit bersertifikasi asal New York, Dr. Robert Finney, cara mengatasi mata bengkak adalah dengan mengidentifikasi penyebabnya sebelum menentukan cara yang tepat mengatasinya.

Baca juga: 12 Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya 

Cara mengatasi mata bengkak

Screen-time berlebih dapat mengganggu kesehatan mata. Fizkes/Shutterstock Screen-time berlebih dapat mengganggu kesehatan mata.

Mengatasi mata bengkak sebetulnya tidak dapat dilakukan secara instan dan membutuhkan waktu untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mata bengkak, sebagaimana dilansir Byrdie.

1. Menggunakan sendok dingin

Salah satu cara yang cukup ampuh mengatasi mata bengkak adalah menggunakan sendok stainless dingin yang sudah didiamkan ke dalam freezer.

Cara menggunakannya adalah dengan membasahi sendok tersebut ke air mengalir, kemudian tempelkan ke area mata yang membengkak.

Metode ini dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di area tersebut.

Halaman:
Sumber Byrdie


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.