Kompas.com - 19/09/2022, 08:08 WIB

KOMPAS.com - Selain minyak kayu putih dan minyak tawon, nama minyak telon bagi orang Indonesia tidak kalah populernya -terutama di kalangan ibu-ibu.

Pasalnya, orang Indonesia sejak zaman dahulu sudah mengandalkan minyak telon untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Salah satunya adalah untuk meredakan perut bayi yang kembung supaya si buah hati tidak terus-menerus merengek di malam hari.

Tidak hanya itu, minyak yang terbuat dari minyak kelapa, minyak kayu putih, dan minyak adas itu juga bisa memberikan efek menenangkan.

Meski beberapa manfaat yang sudah disebutkan benar adanya, ternyata masih ada keunggulan lain dari minyak telon yang belum banyak diketahui, lho!

Penasaran, ada apa saja? Simak yang berikut ini.

Apa itu minyak telon?

Sebelum pembahasan lebih dalam, ketahui apa itu minyak telon yang sudah diwariskan orang Indonesia secara turun-temurun.

Dilansir dari Kanal Pengetahuan UGM, minyak telon diambil dari bahasa Jawa yang berarti telu. Dalam bahasa Indonesia, telu artinya tiga.

Minyak telon disebut demikian karena minyak ini dibuat dari tiga bahan, yakni minyak adas (oleum foeniculi), minyak kelapa (oleum cocos), dan minyak kayu putih (cajuput oil).

Nah, dari ketiga minyak yang sudah disebutkan, masing-masing memiliki manfaat tersendiri, seperti minyak kayu putih yang dapat melebarkan aliran darah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.