Kompas.com - 19/09/2022, 08:41 WIB

KOMPAS.com - Kontroversi yang berkaitan dengan Meghan Markle membuatnya kerap dianggap sebagai Wallis Simpson abad modern.

Sama-sama berasal dari Amerika Serikat, keduanya dinilai kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan bangsawan Inggris, yang sarat aturan dan ikatan.

Wallis Simpson adalah istri Raja Edward VIII, pemimpin monarki Inggris yang hanya bertakhta kurang dari satu tahun.

Demi menikahi sosialita yang dicintainya ini, paman Ratu Elizabeth tersebut rela meninggalkan statusnya sebagai raja dan hidup sebagai rakyat biasa.

Baca juga: Wallis Simpson, Sosialita AS yang Buat Raja Edward VIII Turun Takhta

Meski terkesan romantis, tindakannya kala itu dikecam publik karena membuktikan sosoknya sebagai orang yang meninggalkan tanggung jawab besar.

Terlebih lagi, saat itu Inggris sedang menghadapi masa perang sehingga butuh sosok raja yang berwibawa.

Wallis Simpson, wanita AS yang sukses memikat Raja Edward

"Saya merasa tidak mungkin memikul beban tanggung jawab yang berat dan menjalankan tugas saya sebagai raja, seperti yang saya inginkan, tanpa bantuan dan dukungan dari wanita yang saya cintai," demikian pidato pengungunduran diri Raja Edward VIII pada 10 Desember 1936, yang sensasional.

Ia merujuk pada Wallis Simpson, wanita berstatus janda dua kali yang membuatnya mustahil dinikahi seorang raja Inggris, yang juga pemimpin gereja Anglican.

Edward VIII (kanan) dari Inggris, putra tertua George V dan Mary of Teck, turun tahta karena hubungan cintanya dengan janda cerai kelahiran Amerika, Wallis Simpson (kiri). AFP Edward VIII (kanan) dari Inggris, putra tertua George V dan Mary of Teck, turun tahta karena hubungan cintanya dengan janda cerai kelahiran Amerika, Wallis Simpson (kiri).
Ia lahir pada 19 Juni 1896 di Pennsylvania dengan nama Wallis Warfield Spencer.

Berasal dari keluarga kaya raya di AS, pernikahan keduanya dengan Ernest A. Simpson lah yang membawanya pindah ke London di tahun 1928.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.