Kompas.com - 19/09/2022, 09:09 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bunga melati menjadi salah satu tanaman hias favorit untuk mempercantik rumah.

Namun kegunaan bunga melati tidak hanya itu. Selain diolah menjadi teh, parfum, atau permen, bunga bernama ilmiah Jasminum officinale ini pun dapat dijadikan minyak atsiri atau minyak esensial.

Minyak esensial bunga melati dihasilkan dari proses destilasi uap. Ekstrak minyak hasilnya berwarna kuning keemasan hingga cokelat muda, dengan tekstur sedikit kental dan beraroma manis.

Terdapat beberapa senyawa pada minyak bunga melati yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, antimikroba dan antiseptik.

Baca juga: Aroma Bunga Melati Bisa Hidupkan Gairah Seksual, Ini Alasannya

Manfaat minyak bunga melati

Maka dari itu, minyak bunga melati atau jasmine oil menawarkan segudang manfaat yang dinilai baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Apa saja manfaatnya? Berikut ulasan yang kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Mengurangi nyeri dan kram

Dr Dyah Novita Anggriani, dokter umum di KlikDokter menyebutkan, minyak bunga melati bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan kram otot.

Pasalnya, minyak melati bekerja dengan menghambat sistem saraf pusat, yang membantu menekan rasa nyeri dan kram di area otot.

Adapun bukti yang menunjukkan, memijat area perut dengan minyak bunga melati selama menstruasi bisa mengurangi keparahan kram perut.

2. Meningkatkan fokus

Aroma minyak bunga melati yang menenangkan akan membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi jika minyak itu dihirup.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.