BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Miss Mondial

Serba-serbi Blue Sapphire, Perhiasan Mewah Simbol Kekekalan Cinta yang Dipakai Keluarga Kerajaan Inggris

Kompas.com - 19/09/2022, 11:15 WIB

KOMPAS.com – Ratu Elizabeth II mangkat pada Kamis (8/9/2022) di Istana Balmoral, Aberdeenshire, Skotlandia. Kepergian penguasa Inggris Raya itu meninggalkan luka mendalam tak hanya bagi warganya, tetapi juga bagi masyarakat dunia.

Kisah dan kehidupan keluarga Kerajaan Inggris memang selalu menarik perhatian publik. Masih terkenang dalam ingatan bagaimana kisah asmara antara Pangeran William dan Kate Middleton.

Seperti diketahui, keduanya bertemu kala menempuh pendidikan di University of Andrews pada 2001. Meski hubungan mereka kerap putus-nyambung, Kate dan William akhirnya bertunangan pada 16 November 2010.

Momen pertunangan Kate dan William menjadi headline di berbagai media massa seluruh dunia. Salah satu hal yang mencuri perhatian pada momen itu adalah cincin pertunangan yang digunakan Kate Middleton.

Perhiasan bersejarah bagi keluarga Kerajaan Inggris

Sebagai informasi, cincin tunangan wanita yang kini bergelar Princess of Wales atau Putri Wales itu sebenarnya milik ibu dari Pangeran William, yakni mendiang Putri Diana. Cincin berlian bermata safir biru ini pun mencatatkan sejarah panjang bagi keluarga Kerajaan Inggris.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (2/5/2019), berdasarkan tulisan di majalah Vogue, Pangeran Albert—kakek buyut Ratu Elizabeth II—memiliki perhiasan berlian berbentuk bros dengan safir biru pada 1840. Perhiasan ini diberikan untuk sang istri, Ratu Victoria.

Baca juga: Serba-serbi Tampil Outstanding dalam Pesta, mulai dari Cara Mencuri Perhatian hingga Outfit yang Dikenakan

Setelah disimpan oleh keluarga kerajaan selama bertahun-tahun, bros tersebut kemudian menjadi permata mahkota kerajaan.

Saat Pangeran Charles melamar Putri Diana, ia meminta kepada toko perhiasan untuk membuat cincin dengan desain yang sama persis dengan bros kerajaan itu.

Kemudian, ketika Putri Diana meninggal, ia mewasiatkan agar semua perhiasannya diberikan kepada calon istri anaknya, termasuk cincin tunangan tersebut. Adapun cincin ini semula diberikan kepada Pangeran Harry.

Dalam film dokumenter berjudul The Diana Story, seorang mantan pelayan Putri Diana menceritakan bahwa suami Meghan Markle itu sendiri yang memberikannya kepada sang kakak. Cincin 12 karat itu diberikan kepada William saat dia tengah mencari cincin tunangan untuk Kate.

Harry merasa bahwa cincin sang ibu lebih tepat dimiliki oleh William dan Kate. Dia berharap, cincin itu akan dapat kembali pada kursi takhta Kerajaan Inggris. Seperti diketahui, berdasarkan silsilah, William dan Kate akan menjadi penerus takhta kerajaan.

Sementara itu, dalam sebuah wawancara televisi mengenai pengumuman pertunangan mereka, Pangeran William pun mengisahkan asal-usul dan makna sentimental di balik pemberian unique diamond ring tersebut.

Menurut William, pemberian cincin tersebut kepada Kate dapat membuat Putri Diana seakan hadir dalam momen bahagia itu. Dia juga menjelaskan bahwa cincin tunangan tersebut akan diwariskan kepada salah satu anak mereka kelak.

Simbol kekekalan dalam cinta

Cerita panjang di balik cincin itu menunjukkan bahwa pengguna cincin berlian bermata safir biru merupakan orang yang istimewa.

Menurut International Gem Society (IGS), safir biru atau blue sapphire yang dikenal sebagai batu kelahiran September itu dapat menarik keberkahan dan kekayaan di masa depan.

Baca juga: Jadi Simbol Keabadian, Pahami Dulu 6 Jenis Potongan Berlian Ini Sebelum Lamaran

Bahkan, pada masa lalu, safir biru dipercaya dapat menangkal penyakit dan racun, serta mempercepat penyembuhan.

Safir biru juga dipercaya dapat membuat pemakainya merasa nyaman ketika berinteraksi secara sosial. Pasalnya, permata ini membuat si pemakai semakin percaya diri.

Untuk menampilkan kesan elegan terhadap pemakainya, khususnya kaum hawa, blue sapphire kerap disematkan pada perhiasan berlian atau emas putih, seperti halnya cincin tunangan Kate Middleton.

Adapun cincin berlian wanita itu dilengkapi dengan batu safir biru 12 karat berbentuk oval. Di sekeliling batu mulia itu terdapat 14 berlian murni.

Safir biru sendiri merupakan kelompok corundum stone. Batu mineral ini memiliki daya tahan luar biasa.

Cincin berlian Azure Collection dari MondialJULIANUS SOAN Cincin berlian Azure Collection dari Mondial

Maka tak heran, safir biru kerap disematkan pada perhiasan berlian istimewa yang menjadi simbol kekekalan dalam cinta pada momen pertunangan atau lamaran. Pasalnya, kekuatan safir biru diharapkan juga dapat menular pada cinta kepada pasangan. Safir biru juga menjadi simbol bagi kemuliaan, kejujuran, ketulusan, dan kesetiaan.

Makna mendalam dari safir biru kemudian menjadi inspirasi bagi Mondial untuk meluncurkan high quality jewellery Azure Collection.

Sebagai batu kelahiran September, safir biru pada Azure Collection juga menandai perayaan #MondialAnniversary pada bulan ini.

Baca juga: Sering Merasa Minder? Berikut 6 Tip Atasi Rasa Kurang Percaya Diri

Untuk diketahui, koleksi perhiasan berlian wanita #AzureCollection menonjolkan karakter yang mencerminkan kerapian geometris. Didesain dengan sentuhan Art Deco style, perhiasan berlian berbeda ini diukur dengan garis-garis bersudut tajam, dengan efek keramik dan pola linear.

Salah satu koleksi unik Azure Collection adalah anting berlian unik dengan nuansa white gold bergaris sederhana. Koleksi ini kian elegan dengan kehadiran elemen batu permata safir berwarna biru.

Anting berlian Azure Collection dari Mondial.JULIANUS SOAN Anting berlian Azure Collection dari Mondial.

Keunikan desain anting berlian mewah itu juga terlihat dari bentuk multidimensi berulang pada lapisan logam campuran yang diselingi dengan elemen pave.

Tak hanya pada anting, keindahan art deco style juga disematkan #Mondial pada perhiasan Azure Collection lain, seperti gelang berlian modern, liontin berlian mewah, dan kalung berlian istimewa.

Keindahan safir biru pada seluruh Azure Collection diharapkan dapat membuat pemakai perhiasan Mondial merasa #ImDifferent dalam berbagai kesempatan, baik kasual maupun formal.

Informasi selengkapnya mengenai Azure Collection dapat kamu temukan pada laman resmi Mondial dan akun Instagram @mondial.

Sementara itu, untuk mendapatkan produk Azure Collection dan berbagai koleksi exclusive diamond jewellery lain dari Mondial, kamu bisa mengunjungi gerai-gerai Mondial yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia. 


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.