Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Air Hangat, Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Sakit Perut

Kompas.com - 19/09/2022, 15:57 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Netmeds

KOMPAS.com - Sakit perut bisa datang secara tiba-tiba. Kondisi ini tak hanya membuat penderitanya merasa tidak nyaman, tapi juga dapat memengaruhi produktivitas sehari-hari.

Penyebabnya bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Mulai dari kandungan makanan atau minuman tertentu, sembelit, otot perut yang menegang, infeksi bakteri, dan lain sebagainya.

Saat sakit perut menyerang, satu cara yang dapat mengatasi kondisi tersebut dengan cepat adalah dengan minum air hangat.

Ada beberapa fakta menarik seputar air hangat yang dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama dalam mengatasi sakit perut.

Baca juga: 7 Macam Obat Sakit Perut yang Alami 

Manfaat air hangat untuk meredakan sakit perut

Minum air hangat sebelum tidur bisa memicu tubuh berkeringat mengeluarkan sisa garam dan racun dalam tubuh.Unsplash/Hunter Newton Minum air hangat sebelum tidur bisa memicu tubuh berkeringat mengeluarkan sisa garam dan racun dalam tubuh.

Mungkin kita semua sudah tahu bahwa lebih dari 50 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari untuk menjaga fungsi semua organ vital tetap dalam kondisi yang baik, termasuk pada usus dan saluran pencernaan.

Ketika sakit perut penyerang, kondisi tersebut dapat menjadi suatu pertanda bahwa ada gangguan yang terjadi di saluran pencernaan.

Melansir Net Meds, simak beberapa alasan berikut ini terkait manfaat dari air hangat untuk mengatasi sakit perut.

1. Mampu membuang racun

Sakit perut bisa menyerang ketika di dalam tubuh atau saluran pencernaan masih terdapat racun-racun sisa metabolisme.

Manfaat meminum air hangat adalah dapat membersihkan racun dari dalam tubuh. Khasiat ini sebenarnya akan lebih efektif ketika dikonsumsi sesaat setelah bangun tidur di pagi hari.

2. Membuat makanan jadi lebih mudah dicerna

Makanan yang sulit dicerna oleh usus dapat memicu berbagai kontraksi perut, mulai dari perut kembung, otot yang menegang sampai memberikan sensasi yang tidak nyaman.

Kondisi itu disebabkan oleh usus yang bekerja lebih keras dalam mencerna makanan, sehingga terjadi beberapa ketegangan di antara otot-otot usus tersebut.

Dengan mengonsumsi air hangat, khasiatnya dapat memecah makanan dan memberikan energi pada sistem pencernaan agar fungsinya kembali normal dan makanan lebih mudah dicerna.

3. Menetralkan asam lambung

Mencegah asam lambung naik di malam hariUnsplash / Y1024 Mencegah asam lambung naik di malam hari

Halaman:
Sumber Netmeds
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com