Kompas.com - 19/09/2022, 20:34 WIB

KOMPAS.com - Bawang putih, atau yang juga dikenal sebagai Allium sativum, dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan selama ribuan tahun.

Tanaman ini pun telah lama digunakan untuk mengobati segala penyakit, mulai dari tuberkulosis hingga gigitan ular.

Bahkan, bawang putih sangat penting bagi beberapa budaya kuno, sehingga para arkeolog juga menemukan umbi bawang putih di piramida yang berada di Mesir.

Manfaat kesehatan bawang putih semakin diperkuat dengan adanya sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibiotik.

Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjadi tambahan yang berguna untuk rencana pengobatan kanker.

Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Rambut, Sudah Tahu?

Selain itu, tanaman kecil ini juga diklaim bisa menurunkan tekanan darah.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa penjelasan para ahli mengenai manfaat bawang putih dalam membantu menurunkan tekanan darah, seperti yang dilansir dari laman Cleveland Clinic berikut ini.

Efeknya pada tekanan darah

Menurut ahli kardiologi, Dr Ashish Sarraju, MD, memang ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, tetapi itu masih cukup terbatas.

Hal tersebut juga disebut dalam sebuah studi tinjauan baru-baru ini yang menunjukkan bahwa kadar vitamin B12 dapat memengaruhi efektivitas bawang putih dalam menurunkan tekanan darah.

Kendati demikian, apa yang kita makan bersifat pribadi dan spesifik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.