Kompas.com - 20/09/2022, 19:08 WIB

KOMPAS.com - Kolesterol tinggi merupakan masalah yang dijauhi oleh orang dewasa, terutama mereka yang sudah berumur.

Pasalnya, kolesterol tinggi menjadi salah satu faktor risiko utama dari berbagai masalah kesehatan. Sebut saja penyakit jantung, stroke, gangguan pembuluh darah, dan sebagainya.

Untuk mencegah lonjakan kolesterol, banyak cara yang bisa dijalani, termasuk mengonsumsi bawang putih sebagai obat herbal.

Lalu, seberapa efektif konsumsi bawang putih dalam menurunkan kolesterol tinggi?

Temuan studi mengenai penggunaan bawang putih

Studi yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information menemukan, bawang putih cenderung efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga: Makan Alpukat Tiap Hari, Turunkan Kadar Kolesterol Jahat

Ketika peserta pria yang mengalami hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi mengonsumsi ekstrak bawang putih, kolesterol LDL peserta berkurang 10 persen.

Adapun studi lain mengungkap, dua suplemen yang masing-masing mengandung 400 miligram bawang putih perlu diminum setiap hari selama enam minggu untuk mengurangi kolesterol LDL.

Satu miligram allicin --senyawa yang ditemukan dalam bawang putih-- dapat menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 17 persen, kadar kolesterol total 12 persen, dan kadar trigliserida sebanyak 6 persen.

Studi tersebut juga menyimpulkan, konsumsi ekstrak bawang putih mentah membantu menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida dalam darah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.