Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cincin Tunangan Bergaya Vintage yang Kembali Jadi Tren

Kompas.com - 21/09/2022, 12:21 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Brides

KOMPAS.com - Cincin tunangan modern mungkin banyak dijadikan pilihan para pasangan saat ini. Namun, cincin tunangan bergaya vintage pun tak kalah populer.

Ya, saat ini cincin tunangan bergaya vintage banyak dijadikan pilihan oleh para pasangan karena desainnya yang dinilai timeless atau tak lekang oleh waktu dan unik.

Bahkan menurut ahli batu permata Easter Ahn-Lee, cincin tunangan bergaya vintage membuat suatu perhiasan lebih berkarakter dan lebih berkelanjutan.

Sebab, sebenarnya kita mendaur ulang cincin yang sudah ada dengan memberikan cinci itu “nyawa” baru yang lebih segar.

Baca juga: Tips Memilih Cincin Tunangan Berdasarkan Zodiak

Sementara itu menurut VP Merchandising di Robbins Brothers, Sue Hopeman, memilih cincin vintage sebagai cincin tunangan dapat mengurangi potensi memiliki cincin tunangan dengan desain yang sama persis dengan cincin milik orang lain.

Ia menambahkan, cincin tunangan bergaya vintage juga cenderung awet, tahan lama, dan timeless.

Nah, jika ingin memilih cincin tunangan bergaya vintage, berikut enam rekomendasi cincin tunangan bergaya vintage yang kini kembali jadi tren.

  • Halo atau Cluster

Cincin tunangan bergaya vintage favorit pertama adalah cincin halo atau cluster dengan desain bertema bunga yang feminin dan romantis.

Menurut Hopeman, cincin tunangan yang biasanya memiliki sebuah batu utama (center stone) yang dikelilingi beberapa berlian kecil ini terinspirasi dari era Edwardian.

Baca juga: Harga Cincin Tunangan, dari Rp 12.000 sampai Ratusan Juta Rupiah

Ia berpendapat, saat itu Ratu Alexandra sangat menyukai bunga, sehingga cincin tunangan dengan desain seperti bunga pun menjadi populer.

Biasanya, batu permata terpopuler untuk cincin ini adalah berlian bulat, meski cincin halo bergaya Art Deco yang menggunakan baguette meruncing kini jadi tren baru.

  • Three-Stone

Three-Stone Rings Courtesy Filigree Jewelers Three-Stone Rings
Cincin tunangan vintage populer berikutnya adalah three-stone, yang menjadi tren setelah Pangeran Harry melamar Meghan Markle dengan cincin ini.

Hopeman pun menjelaskan, secara tradisional cincin dengan tiga batu ini memiliki fungsi untuk menceritakan masa lalu, masa kini, dan masa depan dari pasangan yang telah bertunangan, dengan masa kini diwakili oleh center stone utama.

Umumnya, tiga batu tersebut memiliki ukuran yang sama atau sedikit lebih besar untuk center stone, dan sempurna untuk mereka yang menyukai desain klasik sederhana namun bermakna.

  • Colored Gemstone

Colored Gemstones Courtesy Eragem Colored Gemstones
Berlian boleh jadi adalah batu favorit untuk digunakan sebagai center stone.

Halaman:
Sumber Brides


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com