Kompas.com - 21/09/2022, 19:44 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika ditanya apa sih jenis kulit kamu? Mungkin kebanyakan akan menjawab tipe kulit kering, kulit berminyak, atau kulit kombinasi. Nyatanya, ada 16 tipe kulit loh yang dikenal di dunia kecantikan. Hal ini mengacu pada The Baumman Skin Type System (BSTS), sebuah klasifikasi jenis kulit sesuai dengan fenotipenya.

Dr. Henry Tanojo, Sp.KK, FINSDV, spesialis kulit dan kelamin, menyampaikan pentingnya memahami apa jenis kulit kita dengan benar karena nantinya akan berpengaruh kepada macam perawatan wajah nan sesuai kebutuhan.

Perihal tersebut disampaikan pada momen winner announcement “Hair & Skin Research Grant 2022” persembahan L’Oreal, Universitas Indonesia, dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski), Selasa (20/9/22).

Banyak perempuan mencari cara untuk mendapatkan wajah glowing, putih, dan bersih, yang dianggap sebagai kulit yang cantik di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut Dr. Henry memberikan sejumlah tips dan pemahaman bahwa memiliki kulit bersinar itu diakibatkan oleh multifaktor, baik internal maupun eksternal.

“Kunci glowing itu ada di sehatnya karena cerminan kulit sehat itu adalah glowing-nya. Sama seperti mata sehat, pandangan mata jadi terlihat semuanya jelas. Jadi kalau masalah glowing, kunci utama itu di sehatnya dulu. Cuma banyak misleading information kalau glowing itu harus putih, diputihkan. Padahal putih itu belum tentu glowing,” ucap Dr.Henry.

Dia juga mengingatkan pentingnya menjaga pola gaya hidup karena memiliki pengaruh yang cukup signifikan juga kepada kondisi kulit. Misalnya apakah sering begadang, tidak cukup tidur, makan sembarangan, stres dan lainnya. Sedangkan untuk eksternal, ada faktor seperti paparan polusi, rokok sampai hawa ekstrim.

Bermula dari memahami kondisi kulit, baru kita bisa mengambil langkah yang tepat untuk merawatnya.

Merujuk pada BSTS, terdapat 4 parameter dan karakteristik kulit yakni kering atau berminyak, sensitif atau resisten, pigmented (warna tidak merata) atau non-pigmented (warna merata), dan memiliki kulit keriput atau kencang.

Jenis kulit

16 tipe kulit berdasarkan Baumman Skin Type System 16 tipe kulit berdasarkan Baumman Skin Type System
Berikut 16 tipe kulit berdasarkan indikator BSTS:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.