Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2022, 21:30 WIB
Chelsea Austine,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara setiap orang mengekspresikan dan mengapresiasi budaya Indonesia berbeda-beda. Baik lewat baik foto, video, lukisan, tulisan, maupun pakaian.

Banyak industri fesyen lokal yang kini gencar mengadosi dan memperkenalkan keindahan Indonesia lewat desain pakaian outfit nan trendy.

Hal itulah yang dilakukan oleh Baha Gia, brand fesyen lokal yang baru saja merilis koleksi pertamanya pada Senin (19/9/22). Label yang diinisiasikan oleh Bianca A.Lutfi, direktur kreatif, ini hadir untuk meredefinisi koleksi fesyen yang dapat menciptakan afirmasi feel good dan looks good pada setiap penggunanya.

Nah, Baha Gia ini terbentuk atas dasar keinginan pendirinya untuk menciptakan kreasi yang dapat menghadirkan kebahagiaan. Bianca menyebutnya sebagai moment of joy.

Meskipun baru lahir, brand ini memiliki rencana untuk menembus pasar global. Makanya, Bianca memastikan pengerjaan gaun Baha Gia selalu menjunjung kualitas tinggi.

Baha Gia sendiri fokus pada deretan desain gaun yang colorful, dipadukan dengan happy prints. Motif yang dicetak memiliki detail artisanal beserta pengerjaan berkualitas tinggi.

Adapun, karakter dari prints tersebut yakni feminin, bohemian, dan timeless. Maka dari itu, produk hasilnya bisa digunakan untuk segala acara dari kasual, semi-formal, serta formal sekalipun.

Feminitas disini merujuk pada wanita yang merasa percaya diri, bahagia, dan nyaman dengan diri sendiri. Bianca tidak memaksa seluruh wanita untuk menggunakan gaun, tetapi mengenakan pakaian yang disukai.

Koleksi Baha Gia juga tetap berkonsentrasi pada fungsi, di mana gaunnya menggunakan bahan katun nan adem serta memiliki bentukan flowing dress. Tetap praktis untuk wanita yang memiliki gaya hidup aktif dan rajin travelling, sekaligus cocok diaplikasikan di negara tropis.

Sleeveless dress atau long sleeve dress juga hadir dalam spirit feminin dan terkandung wibawa di dalamnya. Ada pula detail dalam bentuk ruffles atau pleats, menegaskan keanggunan dalam setiap easy to wear pieces-nya.

Bianca, Kreatif Direktor, menjelaskan tentang Baha Gia Chelsea Austine Bianca, Kreatif Direktor, menjelaskan tentang Baha Gia
Seluruh motif gaun Baha Gia terinspirasi dari keindahan alam dan budaya Indonesia yang dilihat dari perspektif modern.

Sebagai koleksi perdana, Bianca memberikan tema “Di Ranah Minang”. Adapun, ide untuk mengangkat budaya dari daerah Sumatera Barat ini dikarenakan latar belakang Ayah Bianca.

Kemegahan budaya Sumatera Barat tercerminkan dari printing motif Burung Kuau Raja. Burung tersebut dikenal sebagai salah satu yang hampir punah dan dilindungi negara.

Kemudian ada juga motif rempah-rempah khas hidangan Sumatera beserta beberapa bangunan arsitektur. Semua keindahan Minang di twist dan dibikin menjadi pola-pola modern nan artistik.

Bianca melihat belum banyak fesyen brand yang menjunjung budaya Indonesia dengan cara seperti ini. Makanya ia yakin terdapat peluang nan besar bagi brand Baha Gia untuk dapat berkembang.

Di sisi lain, reimajinasi dan redefinisi tentang budaya ini tentunya terimplementasi dengan spirit positif dan modern. Bianca menerjemahkan semangat maksimalis yang riang, percaya diri, dan tetap klasik. “I want women to be happy and carefree. I want my dresses to be like warm-hearted hugs,” ucap Bianca.

Baha Gia akan tetap setiap pada namanya yaitu terus membawa kebahagiaan bagi pemakainya. Bianca menilai bahwa rasa percaya diri dan bahagia itulah awal mula dari munculnya positive vibe

Total terdapat 35 look yang dijual pada koleksi pertama ini, dengan range harga dimulai dari Rp2 juta. Kamu bisa membelinya via website baha-gia.com atau Instagam shop di @bahagia.world.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com