Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 jenis Kelainan Pada Kehamilan, Jangan Disepelekan

Kompas.com - 22/09/2022, 19:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Memiliki keturunan mungkin menjadi impian penting bagi beberapa pasangan yang telah menikah. Anggapan bahwa hadirnya seorang anak adalah kesempurnaan seorang wanita juga membuat masa-masa kehamilan sangat dinantikan.

Akan tetapi, banyak hal yang dapat menghalangi hal ini terutama jika kesehatan organ reproduksi terganggu. Beberapa diketahui sebelum kehamilan terjadi, namun beberapa di antaranya terjadi setelah diketahuinya kehamilan.

Kondisi sang ibu yang tidak sepenuhnya sehat, efek dari penyakit atau kelainan apa pun dapat memiliki konsekuensi serius bagi bayi yang dikandungnya dan ibu itu sendiri.

Oleh karena itu, jika terjadi kelainan selama kehamilan yang ditandai dengan gejala abnormal, ibu harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Hal ini juga dijelaskan dalam siniar Obrolan Meja Makan yang bertajuk, “Tanda-tanda Kehamilan Kosong”.

Melansir Kompas, kehamilan kosong atau Blighted Ovum (BO) adalah istilah untuk menjelaskan kondisi ketika sel telur yang telah dibuahi dan menempel di dalam rahim, tapi tidak mau berkembang menjadi janin.

BO diketahui adalah salah satu bentuk keguguran dan merupakan 80 persen penyebab dari keguguran di awal kehamilan ketika usia kehamilan kurang dari sepuluh minggu.

Selain kehamilan kosong, berikut adalah hal-hal yang mengindikasikan kelainan pada kandungan ibu menurut Prof. Boonsri Chanrachakul, M.D.

Baca juga: Dampak yang Dirasakan Anak Jika Sering Nonton Horor

1. Pendarahan Vagina Selama Kehamilan

Jumlah perdarahan pada vagina ini bisa bervariasi. Dimulai dari pendarahan yang sedikit hingga agak banyak. Hal ini tidak boleh diabaikan dan harus segera diperiksakan ke dokter yang menangani ibu.

Selama trimester pertama, munculnya bercak normal terjadi karena telur yang dibuahi menanamkan dirinya di lapisan rahim. saat itu perubahan hormonal dan sedikit pendarahan vagina mungkin terjadi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.