Kompas.com - 23/09/2022, 08:31 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kekurangan gizi atau stunting menjadi salah satu masalah besar pada anak-anak Indonesia yang masih perlu mendapatkan perhatian.

Sebab, stunting tidak hanya dapat memengaruhi tinggi dan berat badan anak, tetapi juga tumbuh kembang, serta intelektualitas anak di kemudian hari.

Menurut dokter spesialis gizi klinik di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Dr Diana Felicia Suganda, MKes, SpGK, proses terjadinya stunting itu cukup panjang dan bahkan dapat dimulai saat kehamilan.

Namun, masalah ini biasanya baru akan terdeteksi setelah anak sudah mulai tumbuh besar.

"Kadang-kadang, ketika anak sudah mulai sekolah, di mana teman-temannya sudah lebih tinggi, anak yang mengalami stunting itu lebih pendek atau tinggi badannya berbeda jauh dari teman-teman seusianya."

Demikian penuturan Diana saat peluncuran susu Biostime di bilangan Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2022).

"Begitu orangtua concern ke [perbedaan tinggi badan], masukin pengukurannya ke curva, oh ternyata memang tinggi anaknya mengalami stunting," sambung dia.

Tapi, Diana mengungkapkan bahwa para orangtua tidak perlu khawatir karena masalah stunting bisa diatasi sejak dini dengan pemberian nutrisi yang tepat.

Baca juga: Ini Manfaat Susu dalam Setiap Tahap Kehidupan

Peran susu untuk mengatasi stunting

Karena stunting adalah proses yang panjang, Diana mengatakan bahwa pemberian nutrisi pada anak tidak bisa instan.

"Tetap kita penuhi kebutuhan si anak dulu, terutama kalau kita ngomongin berat dan tinggi badan, komponen protein kan sangat penting," terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.