Kompas.com - 26/09/2022, 08:37 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Retinol adalah bahan aktif yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk membantu mengatasi kulit berjerawat.

Sayangnya, produk yang mengandung bahan ini ternyata juga dapat menyebabkan kulit iritasi.

Kabar baiknya, saat ini sudah ada alternatif baru yang lebih alami untuk retinol di dalam berbagai produk skincare, yakni bakuchiol.

Bahan alami ini tidak hanya kuat dan sempurna untuk kulit sensitif, tetapi juga memiliki sifat anti penuaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bahan ini, para ahli pun membagikan pengetahuannya mengenai kegunaan, efek samping, hingga cara memakai bakuchiol, seperti berikut ini.

Apa itu bakuchiol

Bakuchiol merupakan ekstrak yang berasal dari daun dan biji tanaman babchi.

Ini adalah ramuan yang biasa digunakan dalam pengobatan Ayurveda India dan China, serta praktik Tamil Siddha untuk membantu menyembuhkan, menenangkan, dan menyejukkan kulit, berkat sifat antiinflamasi maupun antibakterinya.

Menurut seorang dokter spesialis kulit di Schweiger Dermatology Group di New York, Rachel Nazarian, MD, beberapa zat dari tanaman babchi sudah digunakan dalam mengobati kondisi seperti vitiligo.

Namun, menggunakan bakuchiol dari tanaman ini adalah praktik yang bisa terbilang baru digunakan.

Dalam sebuah studi tahun 2019, tidak ditemukan perbedaan antara retinol dan bakuchiol dalam mengobati kerutan dan hiperpigmentasi di kulit wajah.

Halaman:
Sumber Byrdie


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.