Kompas.com - 29/09/2022, 10:54 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rambut bercabang merupakan salah satu masalah rambut yang kerap dikhawatirkan sebagian wanita.

Kondisi ini bisa membuat tampilan rambut tampak kering, tidak sehat dan bisa jadi pertanda bahwa ada masalah kerusakan rambut.

Rambut sendiri terdiri dari tiga lapisan, yakni medula, korteks dan kutikula. Pada masalah rambut bercabang, bagian kutikula inilah yang mengalami kerusakan.

Kutikula yang seharusnya berfungsi sebagai pelindung rambut, namun teksturnya rusak, kusam, kering, mudah patah hingga ujungnya terbelah atau tampak bercabang.

Baca juga: Kenali Masalah Rambut Bercabang, Penyebab hingga Jenis-jenisnya 

Cara mencegah rambut bercabang

Rambut bisa memutih di usia dini jika Anda tak pintar merawat rambut.FREEPIK/VALUAVITALY Rambut bisa memutih di usia dini jika Anda tak pintar merawat rambut.

Ada beberapa hal yang memicu masalah rambut bercabang, seperti terlalu banyak paparan zat kimia yang terlalu keras, menggosok rambut dalam keadaan basah, hingga rambut kekurangan nutrisi.

Ketika masalah ini tidak segera dicegah sejak awal, maka kemungkinan rambut dapat mengalami kerusakan yang lebih parah.

Sayangnya, saat rambut bercabang mulai muncul, tidak ada cara untuk memperbaikinya selain memotong ujungnya yang terbelah.

Oleh karena itu, cara mencegah rambut bercabang perlu dilakukan sejak awal agar rambut tetap sehat dan terbebas dari masalah rambut yang lain.

Dilansir dari laman Healthline, berikut tujuh cara mudah mencegah rambut bercabang.

Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.