Kompas.com - 29/09/2022, 17:45 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meski selama ini hanya berakhir sebagai sampah, puntung rokok ternyata juga dapat disulap menjadi sebuah barang yang lebih bermanfaat dan bernilai.

Melalui gerakan kreatif berkelanjutan KYBProject (Kick Your Butt), ONX Idea Studio (ONX Studio) berkolaborasi dengan Pala Nusantara untuk mendaur ulang sampah puntung rokok menjadi sebuah koleksi jam tangan unik, yakni Mramu.

Ada pun keunikan koleksi Mramu terletak pada casing yang menggunakan bahan dari hasil olahan puntung rokok.

Dengan mengaplikasikan cella board yang terbuat dari lebih dari 264.000 puntung rokok, KYBProject membuat 200 unit koleksi jam tangan di tahap awal peluncurannya.

Menciptakan material baru

KYBProject dan Pala Nusantara berkolaborasi meluncurkan jam tangan berbahan puntung rokok.Ryan Sara Pratiwi KYBProject dan Pala Nusantara berkolaborasi meluncurkan jam tangan berbahan puntung rokok.
Ditemui di acara peluncuran produk, CEO dari PT Ide Dua Cipta, Rony Rahardian mengatakan bahwa Mramu lahir sebagai salah satu hasil pengembangan KYBProject, khususnya di pilar desain dan produksi.

"Ide awalnya itu karena kami ada desain studio yang fokusnya di produk," terang Rony kepada Kompas.com di Ruang Seketika Kuningan City Jakarta, Senin (26/9/2022) lalu.

"Dan kami sudah sering mendesain beberapa produk dengan menggunakan material yang common seperti akrilik atau besi. Tapi kok seperti tidak ada pembeda dengan produk-produk lainnya," lanjut dia.

Melihat puntung rokok menjadi limbah yang banyak tidak terpakai, KYBProject akhirnya mencoba mengolahnya menjadi bahan dasar biopolimer bernama cella board.

"Kami melakukan beberapa tahapan proses produksi untuk memastikan ramuan cella board yang digunakan untuk membuat casing mesin jam yang tepat guna dan aman digunakan untuk aktivitas sehari-hari," kata Roni.

"Mulai dari proses studi materi, eksplorasi desain terhadap karakteristik material, hingga testing penggunaan produk. Jadi, semua kami lakukan supaya Mramu layak dijual ke pasar," tambah dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.