Kompas.com - 30/09/2022, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Ratu Margrethe II dari Denmark telah mencabut gelar pangeran dan putri dari empat cucunya.

Keputusan itu berlaku pada anak-anak dari putra bungsunya yakni Pangeran Joachim.

Sedangkan anak-anak dari putra tertuanya juga juga ahli waris takhta Denmark, Pangeran Frederik, masih memiliki hak untuk menggunakan gelar kerajaannya.

"Keturunan Yang Mulia Pangeran Joachim hanya dapat menggunakan gelar mereka sebagai Count dan Countess Monpezat, karena gelar pangeran dan putri yang mereka pegang sampai sekarang akan dihentikan," bunyi siaran pers tersebut.

Meski gelarnya dicabut, keempat cucunya masih berada dalam garis suksesi kerajaan dan posisinya tidak berubah sama sekali.

Baca juga: Ratu Denmark Margrethe II jadi Ratu Pemimpin Terlama Eropa Usai Ratu Elizabeth II Wafat

Perubahan yang mulai berlaku pada tahun 2023 ini ditetapkan berdasarkan pertimbangan matang dari pemimpin monarki Denmark ini.

Ibu dua anak ini sudah sejak lama mempersiapkan hal ini, termasuk ketika tahun 2008 lalu memberikan para cucunya gelar tambahan yakni count dan countess.

Ketiadaan gelar pangeran dan putri diharapkan membuat cucunya bisa menjalani kehidupan yang lebih bebas dan tidak terbebani dengan tanggung jawab kerajaan.

"Yang Mulia Ratu ingin menciptakan kerangka kerja bagi keempat cucu untuk dapat membentuk kehidupan mereka sendiri ke tingkat yang jauh lebih besar tanpa dibatasi oleh pertimbangan dan tugas khusus yang melibatkan afiliasi formal dengan Royal House of Denmark sebagai sebuah institusi," tulis keterangan Kerajaan Denmark tersebut.

Baca juga: Profil Margrethe II, Ratu Denmark

Keputusan ini juga menandakan niatan Ratu Margrethe untuk merampingkan kerajaan yang telah dipimpinnya selama 50 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.