Kompas.com - 30/09/2022, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Sejak peluncuran vaksin Covid-19 tahun lalu, banyak wanita mengunggah kesaksian di media sosial tentang apa yang mereka yakini sebagai efek samping vaksin, salah satunya perubahan pada siklus menstruasi.

Baru-baru ini, penelitian menunjukkan, nanyak dari keluhan itu valid dan terbukti.

Penelitian terhadap hampir 20.000 orang di seluruh dunia menunjukkan vaksin Covid-19 dapat mengubah waktu siklus haid.

Wanita yang divaksinasi rata-rata mengalami penundaan haid sekitar satu hari, dibandingkan dengan mereka yang tidak divaksinasi.

Data studi yang diterbitkan di British Medical Journal ini diambil dari aplikasi pelacakan haid populer yakni Natural Cycles.

Riset ini melibatkan orang-orang dari seluruh dunia, yang sebagian besar berasal dari Amerika Utara, Inggris, dan Eropa.

Para peneliti menggunakan data "tidak teridentifikasi" dari aplikasi tadi untuk membandingkan siklus haid di antara 14.936 responden yang divaksinasi dan 4.686 yang tidak divaksinasi.

Pengguna aplikasi itu memang biasa melacak siklus haid setiap bulan, sehingga para peneliti dapat menganalisis tiga siklus haid sebelum vaksinasi dan setidaknya satu siklus setelahnya,

Kemudian, data tersebut dibandingkan dengan empat siklus haid pada kelompok yang tidak divaksinasi.

Dari sanalah ditemukan fakta, orang yang divaksinasi rata-rata mengalami keterlambatan haid 0,71 hari terlambat setelah dosis pertama vaksin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.