Kompas.com - 30/09/2022, 12:30 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kulit manusia dinilai sebagai sel hidup yang sangat dinamis dan beragam. Seiring dengan makin canggihnya inovasi serta riset di bidang kecantikan, peneliti menemukan semakin banyak jenis kulit.

Tentunya kategori kulit berbeda, membutuhkan perawatan yang berbeda juga. Maka dari itu, berkembang pula kehadiran skincare personalized atau disesuaikan kondisi wajah kita masing-masing.

Hal serupa dilakukan oleh Nusantics, perusahaan bioteknologi berbasis teknologi genomics yang menghadirkan Biome Beauty. Nusantics meluncurkan produk perawatan wajah berjenis Microbiome Friendly Skincare yang disebut sebagai yang pertama di Indonesia.

Lantas, apa itu Microbiome? Tubuh manusia memiliki lebih dari 100 triliun mikroorganisme yang terdiri dari bakteri, jamur, protozoa, virus, dan parasit. Jika dibandingkan dengan sel manusia, jumlah mikroba ini 10 kali lipat lebih banyak loh.

Seluruh materi genetik mikroba, disebut juga mikroorganisme atau mikrobiota, yang hidup di tubuh manusia itulah yang dinamai sebagai microbiome.

Jadi jika kita mengira istilah mikroorganisme itu mengacu kepada sumber penyakit, nyatanya keberadaan serta keberagaman mereka memiliki peran penting terhadap imunitas tubuh.

Namun memang, microbiome kulit yang tidak seimbang dapat mendatangkan sejumlah masalah seperti jerawat, bruntusan, kusam, warna kulit tidak merata, break out, dan lainnya.

“Microbiome kulit yang seimbang akan memperkuat skin barrier, melindungi kulit dan membantu menjaga kulit terhadap virus dan bakteri berbahaya. Microbiome yang tidak seimbang dapat diatasi dengan penggunaan skincare yang ramah untuk microbiome kulit,” jelas dr. SK Sulistyaningrum, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit yang bekerjasama dengan Nusantics sejak tahun 2020.

Penjelasan seputar produk dan brand Nusantics oleh Sharlini Eriza Putri, Selasa (27/09/22) Nusantics Penjelasan seputar produk dan brand Nusantics oleh Sharlini Eriza Putri, Selasa (27/09/22)
Nah, kandungan microbiome ini bisa kita temukan di rangkaian skincare milik Nusantics. Suatu produk bisa dikatakan microbiome friendly apabila formulanya tidak mengganggu keberadaan microbiome kulit dan ramah bagi lingkungan.

Adapun produk Biome Beauty telah diuji secara in vivo yang merupakan pengujian dengan parameter microbiome langsung di kulit manusia. Uji klinis ini dinilai sebagai gold standard karena begitu susah untuk dapat mengklaim dan lolos pengujian in vivo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.