Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2022, 16:38 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Antara,Setneg

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) identik dengan kemeja putih lengan panjang, celana kain hitam, serta sneaker.

Tetapi, mantan Wali Kota Solo tersebut juga lekat dengan kain tradisional batik yang ia kenakan dalam berbagai kesempatan.

Jokowi biasanya memakai batik ketika kunjungan ke daerah atau menyambut kepala negara/ kepala pemerintahan dari negara sahabat.

Seperti yang ditunjukkan Jokowi ketika menyambut Presiden Filipina yang baru, Ferdinand Romualdez Marcos Jr, di Istana Bogor awal September lalu.

Di samping itu, batik juga dikenakan Jokowi saat lawatan ke luar negeri. Salah satunya ketika menghadiri KTT APEC di Beijing, China pada 2014 silam.

Saat tiba di Negeri Tirai Bambu, Jokowi yang turun dari Pesawat Kepresidenan terlihat mengenakan batik bermotif parang khas Yogyakarta.

Deretan batik Jokowi yang mencuri perhatian

Dua momen yang disebutkan hanyalah segelintir kesempatan yang dimanfaatkan Jokowi untuk memperkenalkan batik ke dunia internasional.

Lebih dari itu, ada berbagai deretan batik yang pernah dipakai Jokowi yang menarik perhatian publik. Berikut daftarnya.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada hari ini, Jumat, 7 Juni 2019 bersilaturahmi ke keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.via Kementerian Sekretariat Negara RI Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada hari ini, Jumat, 7 Juni 2019 bersilaturahmi ke keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

1. Silaturahmi ke Keraton Yogyakarta (2019)

Batik yang dikenakan Jokowi ketika bertamu ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada tahun 2019 lalu mencuri perhatian banyak orang.

Pasalnya, Jokowi memamerkan batik bermotif sawunggaling dengan ciri khas corak burung phoenix yang tergambar di bagian depan.

Motif batik yang satu ini lahir berkat perpaduan Jawa-Tionghoa yang diciptakan oleh Ngabehi Atmo Supomo.

Motif sawunggaling lantas diberikan Ngabehi Atmo Supomo kepada tokoh batik nasional, Go Tik Swan alias Hardjonegoro.

Jika dilihat dari filosofinya, motif sawunggaling yang berasal dari kata "Sawung" dan "Galing" mewakili keindahan, ketegaran, dan kekuatan.

"Sawung" memiliki arti ayam jantan. Sedangkan, "Galing" artinya adalah merak jantan.

Baca juga: Makna di Balik Desain Kemeja Cheongsam Jokowi di Perayaan Imlek 2021

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub DKI Sandiaga Uno dalam rangka audiensi di ruang kerja Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/10/2017). Saat menerima kunjungan Gubbernur DKI dan Wagub DKI, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menseskab Pramono Anung dan Menhub Budi Karya Sumadi.SETPRES/AGUS SOEPARTO Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub DKI Sandiaga Uno dalam rangka audiensi di ruang kerja Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/10/2017). Saat menerima kunjungan Gubbernur DKI dan Wagub DKI, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menseskab Pramono Anung dan Menhub Budi Karya Sumadi.

2. Menerima kunjungan Anies Baswedan (2017)

Pertemuan Jokowi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Istana Merdeka pada tahun 2017 sempat diperbincangkan publik.

Halaman:
Sumber Antara,Setneg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com