Kompas.com - 03/10/2022, 08:20 WIB

KOMPAS.com - Gaun 'cat semprot' yang dipakai Bella Hadid di show Coperni Paris Fashion Week 2022 sukses menghebohkan dunia fashion.

Dari material yang tak disangka-sangka, berhasil menjadi gaun off shoulder yang membalut tubuh penggunanya dengan begitu indah.

Tak hanya pengunjung Paris Fashion Week saja yang terpukau namun juga seluruh dunia dengan beredarnya video tersebut di media sosial.

Beberapa menyebut jika busana itu tak hanya keindahan fashion semata namun juga kecanggihan teknologi di dunia mode sekarang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bella ???? (@bellahadid)

Baca juga: Bella Hadid Melenggang dengan Gaun yang Disemprotkan ke Tubuh

Mahakarya itu adalah buah kerja keras Manel Torres selama bertahun-tahun sampai akhirnya menciptakan bahan bernama Fabrican itu di tahun 2003.

Teknologi tersebut merupakan serat cair yang digabungkan dengan polimer, biopolimer, dan bahan pelarut lebih ramah lingkungan yang yang langsung mengering saat terkena permukaan apa pun.

Cara kerjanya ini membuat bahan tersebut mampu menciptakan lapisan kain non-anyaman, kini disebut kain Spray-on.

Baca juga: Tribute Para Desainer untuk Ratu Elizabeth di London Fashion Week

Torres yang belajar soal fashion design mengawali idenya dari jaring laba-laba lalu berusaha mengembangkannya dengan melanjutkan studinya di Imperial College London, yang memang terkenal dengan inovasinya.

Setelah sukses menemukan material yang tepat, ia kemudian mendirikan Fabrican Ltd dan mengeksplorasi teknologinya untuk pakaian, perawatan kesehatan, otomotif, pengemasan, dan produk bangunan.

Kain Spray-on tersebut juga dapat diaplikasikan menggunakan teknologi aerosol, penyemprot industri, robot, dan pencetakan 3D.

Halaman:
Sumber WWD


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.