Kompas.com - 03/10/2022, 08:42 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Untuk mencapai kondisi kesehatan tubuh yang optimal, kita kerap dianjurkan mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan ke dalam diet kita.

Sumber makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung nutrien, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi, tidaklah mengherankan apabila produk kecantikan dengan bahan utama yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (plant-based) juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit kita.

Ekstrak tumbuh-tumbuhan yang digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit mengandung zat-zat aktif seperti kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Salah satu produk perawatan yang penting dalam skin care routine kita adalah penggunaan serum.

Plant-based serum merupakan alternatif yang baik digunakan sehari-hari karena kondisi kulit kita yang sering terpapar polusi, debu, dan zat-zat kimia berbahaya lainnya. Dampak dari paparan ini juga yang dapat menyebabkan stres pada kulit.

Baca juga: Apa Itu Serum Wajah, Manfaat, Jenis, dan Cara Menggunakannya

Ilustrasi menggunakan serum Ilustrasi menggunakan serum
Serum dirancang untuk menutrisi, melindungi, dan menghidrasi kulit. Serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembap. Penggunaan serum biasanya dilakukan sebelum pelembap.

Paparan stressor yang terjadi pada kulit juga dapat menyebabkan oksidasi yang menimbulkan molekul radikal bebas sehingga kondisi kulit terganggu kelembapannya, kulit menjadi lebih sensitif, dan lapisan penghalang kulit (skin barrier) yang semakin lemah.

Dalam kondisi seperti ini diperlukan konsumsi antioksidan yang baik sehingga kulit dapat berfungsi optimal kembali.

Lalu bagaimana kita dapat mengurangi efek-efek dari stressor eksternal tersebut? Ketahanan kulit (skin resilience) bisa menjadi jawabannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.