Kompas.com - 03/10/2022, 11:47 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain untuk bumbu masakan, kunyit atau juga dikenal sebagai Curcuma longa adalah rempah-rempah yang populer dalam pengobatan tradisional Ayurveda dan China.

Hal ini disebabkan karena kunyit mengandung senyawa kurkumin yang telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Bahkan, secara historis, tanaman ini juga banyak digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit yang mengalami inflamasi atau peradangan, salah satunya adalah eksim.

Namun, meskipun sudah terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kulit, apakah kunyit benar-benar dapat mengobati eksim dan aman untuk digunakan?

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, seimak penjelasannya sebagaimana dilansir dari laman Healthline berikut ini.

Baca juga: Manfaat dan Potensi Risiko Kunyit untuk Kulit

Apa itu eksim

Eksim atau dermatitis atopik merupakan kondisi kulit yang paling umum, yang memengaruhi 2-10 persen orang dewasa dan 15-30 persen anak-anak.

Eksim muncul sebagai kulit yang kering, gatal, dan meradang akibat penghalang kulit yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan kulit kehilangan air berlebih.

Ada banyak jenis eksim, tetapi semuanya ditandai dengan bercak-bercak yang tidak diinginkan pada kulit.

Penyebab yang mendasari eksim tidak diketahui, tetapi genetika dan lingkungan seseorang tampaknya terkait dengan perkembangan kondisi kulit ini.

Perawatan umum termasuk menggunkan pelembab khusus dan krim antiinflamasi topikal selama gejala eksim muncul (flare up) dapat meminimalkan rasa gatal dan mengembalikan kelembaban kulit.

Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.