Kompas.com - 03/10/2022, 16:41 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sudah rutin merawat wajah dengan produk berbahan aktif vitamin C, namun kulit tetap kusam? Sudah gonta-ganti merek skincare vitamin C namun justru memerah dan warna kulit jadi tidak merata? Sudah membeli produk skincare vitamin C yang menguras kantong tapi tetap berbintik hitam dan banyak kerutan?

Vitamin C memang merupakan salah satu bahan aktif yang paling populer digunakan dalam produk-produk perawatan kulit dan kecantikan.

Bagaimana tidak? Jason Rothouse, principal research scientist Artistry menjabarkan, “Formulasi vitamin C memiliki manfaat dalam mengurangi tanda penuaan seperti kerutan dan bintik hitam serta menunjang produksi kolagen, bersifat anti oksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan mengurangi resiko terkena kanker kulit.”

Semua manfaat tersebut menjadi dambaan semua orang, terutama para wanita yang menginginkan kulit cerah bersinar, kencang, dan sehat.

Namun, di sisi lain, mereka yang rutin mengaplikasikan vitamin C untuk perawatan kulit wajah perlu memperhatikan beberapa aturan dalam penggunaannya, karena zat aktif ini tidak bisa digunakan bersama dengan bahan tertentu dan mudah teroksidasi.

Baca juga: Suplemen dan Serum Vitamin C, Manakah yang Terbaik bagi Kulit?

Menggunakan vitamin C untuk merawat kulit

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan vitamin C untuk
kesehatan kulit wajah:

1. Cocok untuk dikombinasikan bersama Asam Hialuronat

Menurut Jason, Asam Hialuronat (hyaluronic acid) atau yang sering disingkat HA merupakan molekul yang secara alami terdapat pada tubuh, yang berfungsi untuk menciptakan penghalang bagi kulit, mengunci kelembaban, dan memperbaiki tekstur.

HA memiliki keunggulan yaitu mampu menahan air dan menjaga keseimbangan kadar air tetap ideal, sehingga dapat menghidrasi kulit dengan baik.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh memproduksi HA secara alami menurun sehingga membuat kulit lebih mudah kering dan berkerut.

Itulah sebabnya penting memilih produk perawatan wajah berbahan aktif vitamin C yang dipadu dengan HA untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.