Kompas.com - 04/10/2022, 05:35 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Segala bentuk perundungan atau penindasan yang dilakukan individu atau kelompok orang secara sengaja disebut dengan bullying.

Perilaku yang tidak terpuji ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menyakiti orang lain secara terus-menerus atau ingin memiliki kekuasaan di atas korban.

Hingga saat ini, bullying masih menjadi kasus yang terus disorot karena dampaknya tidak main-main.

Seseorang yang pernah menjadi korban bullying dapat merasakan dampak fisik, hingga psikologis yang buruk sampai ia dewasa.

Lantas, apa yang membuat kasus bullying terus terjadi di tengah masyarakat? Dalam hal ini, berikut faktor bullying yang jarang disadari.

Baca juga: Ketahui Penyebab Sexual Bullying dan Contoh-contohnya

Penyebab bullying

Ilustrasi anak mengalami bullying.jcomp/ Freepik Ilustrasi anak mengalami bullying.

Melansir laman Fingerprint for Success, penyebab bullying dapat bervariasi. Namun ada enam penyebab bullying yang paling umum ditemukan, berikut penjelasan lengkapnya.

Pernah menjadi korban bullying

Kebanyakan dari pelaku yang telah teridentifikasi pernah menjadi korban bullying.

Entah perilaku tersebut ia dapatkan dari lingkungan rumah, saudara tiri atau bahkan seseorang dari lingkungan terdekatnya.

Pelaku bullying seringkali memiliki empati yang sangat minim. Hal itu merupakan dampak dari kesalahan persepsi mereka tentang apa yang menimpa dirinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.