Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Apakah Boleh Menggunakan Makeup Setiap Hari?

Kompas.com - 04/10/2022, 17:15 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Menggunakan makeup memang bisa meningkatkan penampilan kita. Hal ini tentu juga akan berpengaruh pada rasa percaya diri. Sebab, makeup bisa menutup noda-noda yang terlihat di wajah kita.

Akan tetapi, ternyata menggunakan makeup setiap hari bisa memberikan efek terhadap wajah kita. Terlebih jika makeup tak dibersihkan dengan benar, tentunya bisa menimbulkan masalah kulit di kemudian hari.

Bahkan, dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Produk Makeup yang Tidak Boleh Dipakai Setiap Hari” dijelaskan terdapat lima produk makeup yang sebaiknya tak digunakan setiap hari.

Produk Makeup yang Tak Boleh Sering Digunakan

Menurut siniar Semua Bisa Cantik, ada lima produk makeup yang tak boleh sering digunakan. Pertama adalah primer.

Meskipun produk ini berfungsi mengunci makeup agar lebih cantik, tapi kandungan silikonnya bisa menyumbat pori-pori, menimbulkan komedo, hingga jerawat. Namun, produk ini isa diganti bedak tabur atau face mist.

Kedua adalah foundation. Hal ini disebabkan kandungannya cukup berat. Jadi, jika tak dibersihkan dengan baik, produk ini akan membuat pori-pori tersumbat, jerawat, hingga iritasi.

Ketiga adalah two way cake karena formulanya cukup berat. Keempat adalah maskara dan lipstik waterproof. Maskara membuat bulu mata jadi cepat rontok, sementara lipstik bisa membuat bibir pecah-pecah.

Meski produk-produk di atas jangan terlalu sering digunakan. Sebaiknya, kita juga tak menggunakan makeup saat olahraga. Sebab, pada saat ini, tubuh kita sedang memproduksi minyak sehingga pori-pori terbuka.

Baca juga: Cara Aplikasikan Obat Totol Jerawat yang Benar

Menggunakan makeup justru bisa menghambat prosesnya sehingga menimbulkan kerusakan kulit, seperti kerutan, garis halus, jerawat, iritasi, hingga blackheads.

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa makeup. Jangan sampai kita menggunakan makeup yang sudah lewat masa pakainya. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan kulit wajah.

Efek Menggunakan Makeup Setiap Hari

Ternyata, menggunakan makeup setiap hari bisa memberikan efek pada kulit. Dikutip dari Skinkraft, berikut efeknya.

1. Tersumbatnya Pori-Pori

Jika menggunakan makeup terlalu sering dan membiarkannya dalam waktu yang lama, ada kemungkinan penyumbatan pori-pori kulit. Penyumbatan ini pun bisa berujung ke masalah kulit lainnya karena kulit tak diberi kesempatan untuk bernapas.

2. Jerawat

Menggunakan makeup terlalu sering bisa memicu timbulnya jerawat. Apalagi, jika makeup tak dibersihkan dengan benar sehingga residunya bisa menyumbat pori-pori.

Itu sebabnya, orang yang berjerawat tidak disarankan menggunakan makeup karena hal itu justru bisa memperparah kondisinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com